Potret Pembangunan dan Program Berkelanjutan Desa Saluan Sejak 2022 Hingga Kini - Utustoria Potret Pembangunan dan Program Berkelanjutan Desa Saluan Sejak 2022 Hingga Kini - Utustoria

Potret Pembangunan dan Program Berkelanjutan Desa Saluan Sejak 2022 Hingga Kini

509
Spread the love

Photo: Makanan Tambahan kepada Ibu hamil dalam rangka pencegahan stunting

Utustoria.com, Banggai – Desa yang maju dan berkembang adalah Desa yang memiliki kesejahteraan masyarakat yang baik, infrastruktur yang memadai, serta perekonomian yang berkembang dan berkelanjutan. Dalam upaya tersebut, Desa Saluan, Kabupaten Banggai, telah melalukan beragam inovasi melalui program – program yang merujuk pada kebutuhan Masyarakatnya. Di masa kepemimpinan Ramla, SH pembangunan yang dilakukan tidak hanya menempatkan warga desa sebagai objek, tapi juga terlibat langsung sebagai pelaku pembangunan.

Sejak tahun 2022, sudah ada beragam program yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa saluan yang terdiri dari program pemberdayaan hingga pada pembangunan infrastruktur.

Photo: Photo: Aparat Pemerintah Desa Saluan

Berikut ini ada 18 program kegiatan Tahun 2022 dengan anggaran dana desa sebesar Rp. 925.529.000:

BIDANG PEMERINTAHAN

  1. Penyelenggaraan musyawarah perencanaan desa
  2. Penyusunan dokumen perencanaan desa
  3. Penyusunan dokumen keuangan desa
  4. Dukungan pelaksanaan dan sosialisasi Pilkades

BIDANG PEMBANGUNAN

  1. Peningkatan kapasitas tenaga pendidik
  2. Penyelenggaraan posyandu (makanan tambahan)
  3. Penyuluhan dan pelatihan bidang kesehatan
  4. Penyelenggaraan desa siaga kesehatan
  5. Rumah tidak layak huni
  6. Jamban
  7. Penyelenggaraan sistem informasi desa

BIDANG PEMBINAAN

  1. Penyediaan pos kesiapsiagaan bencana
  2. Penyelenggaraan festival kesenian
  3. Pengadaan peralatan kebudayaan
  4. Pembinaan LKMD
  5. pembinaan PKK

BIDANG PEMBERDAYAAN

  1. Peningkatan produksi tanaman pangan
  2. Pelatihan pengelolaan BUMDES
  3. Bantuan pertanian dan peternakan
  4. Peningkatan kapasitas kepala Desa
  5. Peningkatan kapasitas BPD

BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA

  1. Penanggulangan bencana
  2. Penanganan keadaan darurat
  3. Penanganan keadaan mendesak

Pada tahun 2023 ini, berkisar sejak bulan Maret, Desa Saluan telah melakukan upaya keberlanjutan dari setiap program kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Diantaranya Pemerintah Desa Saluan kembali melakukan program peningkatan kapasitas BPD dan peningkatan kapasitas pengurus Bumdes. Selain itu pengadaan ternak seperti ayam juga tetap dilakukan, hal ini selaras dengan program Bupati Banggai yakni 1 juta, 1 Pekarangan.

Photo: Sosialisasi pengadaan Ayam DOC

Pada pembangunan sektor peternakan, tahun 2023 ini Desa Saluan turut mengalami peningkatan dengan mengadakan program pengadaan bibit Sapi Bali sebanyak 36 ekor kepada kelompok warga yang diberi secara bertahap. Bahkan hampir bisa dipastikan bahwa kelompok peternakan Sapi di Desa Saluan akan tumbuh dengan baik dan berkelanjutan. Hal tersebut diungkap oleh kepala Desa, Ramla, SH.

“Di awal kami mengadakan 22 ekor bibit sapi, namun dengan progres yang baik pada bulan Oktober kemarin, kami mendapatkan suntikan dana sebesar 139 juta dari Kementerian keuangan atas capaian kinerja terbaik Pemerintah Desa Saluan, dengan begitu kami menambah 14 ekor bibit sapi, sehingga totalnya sudah 36 ekor hari ini, bahkan beberapa sapi sedang dalam kondisi siap dibuahi.” Ujar Kepala Desa, Ramla, SH.

Photo: Rapat Terkait persiapan penyerahan Sapi Tambahan alokasi kinerja 14 ekor

Pemerintah Desa Saluan juga kembali memberikan bantuan rumah layak huni sebanyak 5 unit yang bersifat stimulan. Program yang telah jalan sejak tahun 2022 ini memiliki konsep yang kurang lebih seperti bedah rumah.

Sedangkan untuk kegiatan yang bersifat infrastruktur fisik lainnya, tahun 2023 ini Pemerintah Desa Saluan juga berhasil membangun 2 unit jamban yang diperbantukan kepada warga.

Jamban dan rumah layak huni ini juga merupakan bagian dari upaya pencegahan stunting. Menurut Ramla, SH selaku kepala Desa, bahwa melawan stunting harus dimulai dari jamban dan rumah yang layak.

Pemerintah Desa Saluan turut memberikan perhatian lebih pada ibu hamil dan juga pertumbuhan bayi Balita yang berkaitan dengan program Nasional pencegahan Stunting. Hal itu dibuktikan dengan adanya program kegiatan “pemberian makanan tambahan kepada ibu hamil dan bayi Balita untuk pencegahan stunting.”

Selain itu, di tahun 2023 ini, Pemerintah Desa Saluan juga melakukan pengadaan Alat Permainan(AP) PAUD. Hal ini terkait dengan program Bunda PAUD Kabupaten Banggai yang menekankan untuk menaruh perhatian lebih pada pendidikan PAUD.

Photo: Aparat Pemerintah Desa Saluan

Total program kegiatan pada tahun anggaran 2023 ini ada 16 program yang inovatif dan berkelanjutan. Berikut ini data lengkap kegiatan 2023 dengan anggaran dana desa/ total alokasi kinerja yang mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, menjadi Rp 1.172.743.000:

BIDANG PEMERINTAHAN

  1. Penyelenggaraan musyawarah perencanaan desa/ pembahasan APBDes (reguler)
  2. Penyusunan dokumen perencanaan desa (RPJMDesa/RKPDesa dll)
  3. Penyusunan dokumen keuangan desa ( APBDES, APBDES PERUBAHAN, LPJ dll)
  4. Pengembangan sistem informasi desa

BIDANG PEMBANGUNAN

  1. pembangunan/ rehabilitasi/ peningkatan/ pengadaan sarana/ prasarana/ alat peraga
  2. Penyelenggaraan pos kesehatan desa
  3. Pelaksanaan program pembangunan/rehab rumah tidak layak huni
  4. Pemeliharaan sistem pembuangan air limbah
  5. Pembangunan jamban
  6. Penyelenggaraan informasi publik desa

BIDANG PEMBINAAN

  1. pelatihan/penyuluhan/sosialisasi kepada masy. Di bid. Hukum dan perlindungan masyarakat
  2. Penyelenggaraan festival kesenian. Adat/kebudayaan dan keagamaan
  3. Pembangunan sarana prasarana kebudayaan/rumah adat/keagamaan milik desa
  4. Pengadaan peralatan keagamaan tingkat desa
  5. Pembinaan PKK

BIDANG PEMBERDAYAAN

  1. Peningkatan produksi tanaman pangan
  2. Bantuan pertanian dan peternakan
  3. Peningkatan kapasitas BPD

BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA

  1. Kegiatan penanggulangan bencana alam
  2. Penanganan keadaan mendesak BLT

Menariknya jika dilihat perbandingan angka penerima Bantuan langsung Tunai (BLT) di tahun 2022 ke tahun 2023 terjadi perubahan angka yang signifikan, yaitu dari 100 kepala keluarga penerima manfaat menjadi 32 kepala keluarga penerima manfaat. Hal ini disebabkan berkurangnya angka pengangguran dan makin terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari.

Kepala Desa, Ramla, SH juga mengatakan bahwa setiap tahun sebagai bentuk pertanggungjawaban publik, dirinya akan melaporkan keseluruhan kegiatan dan anggaran melalui portal informasi publik dan juga website resmi milik Desa yang selanjutnya bisa diakses oleh masyarakat secara umum. (Red)