"Tretek Engkek" Alarm Tradisional Yang Bangunkan Sahur Warga Cendana Pura - Utustoria "Tretek Engkek" Alarm Tradisional Yang Bangunkan Sahur Warga Cendana Pura - Utustoria

“Tretek Engkek” Alarm Tradisional Yang Bangunkan Sahur Warga Cendana Pura

2424
Spread the love

Photo: Pemuda Cendana Pura Dengana Peralatan Tretek Engkek

Utustoria.com, Banggai – Kegembiraan menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah mulai terasa di berbagai daerah, begitupun yang terjadi di Desa Cendanapura, Kecamatan Toili, Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Antusiasme Pemuda Desa, Dalam Hal ini Karang Taruna Desa Cendanapura menyambut bulan puasa itu dilakukan dengan menggelar Tretek atau Kegiatan membangunkan Orang Tidur untuk makan sahur. Selasa (12/3/2024)

Dengan Menggunakan Kentongan Bambu dan Alat rumah tangga bekas memecah Kesepian Lorong-lorong desa Cendanapura

“Tradisi Membangunkan Orang makan sahur dengan menggunakan Alat sederhana ini bisa menjadi alternatif Pemuda Untuk memupuk kekompakan dan juga melestarikan kentongan yang sudah lama Tenggelam di era Teknologi.” Ungkap Sofyan, selaku salah satu inisiator dari kegiatan tretek.

Selain itu Ketua Karangtaruna Cendanapura turut menambahkan, pihaknya meminta kepada pemerintah agar tegas menindak Mobil-mobil yang menggunakan speaker keras yang berkeliling diwaktu yang masih terlalu dini untuk melakukan sahur.

“Kami berharap untuk kendaraan yang terkesan tidak tertib dalam membangunkan sahur, apalagi yang menggunakan speaker keras – keras yang belum pada waktunya bisa ditindaki oleh aparat berwenang.” Ungkap Yatri Suryadi, Ketua Karang Taruna.

Tradisi Membangunkan sahur dengan Tretek ini harus dilestarikan di Tiap desa. Tretek membangunkan Orang makan Sahur menandai suka cita dan kesiapan warga muslim untuk menyambut dan menjalankan ibadah Puasa Ramadan tahun 2024. (Sgcr)