Pokir Anggota Dewan Disalurkan Melalui Bumdes, Manfaatnya Lebih Merata! - Utustoria Pokir Anggota Dewan Disalurkan Melalui Bumdes, Manfaatnya Lebih Merata! - Utustoria

Pokir Anggota Dewan Disalurkan Melalui Bumdes, Manfaatnya Lebih Merata!

240
Spread the love

Photo: S. Rizal UK, Manager Pengembangan Bumdes PINBUK Sulawesi Tengah

Utustoria.com, Palu – 20 Desember 2023 – S. Rizal UK, Manager Pengembangan Bumdes PINBUK Sulawesi Tengah, mengusulkan agar dana pokok – pokok pikiran (Pokir) anggota dewan disalurkan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Hal ini bertujuan agar manfaatnya dapat dinikmati oleh lebih banyak masyarakat.

Rizal mengatakan, penyaluran pokir melalui Bumdes memiliki beberapa kelebihan. Pertama, Bumdes merupakan lembaga yang dekat dengan masyarakat desa. Kedua, Bumdes memiliki kapasitas untuk mengelola dana pokir secara transparan dan akuntabel. Ketiga, Bumdes dapat menjadi penggerak ekonomi desa.

“Bumdes sudah teruji kemampuannya dalam mengelola dana desa. Jika dana pokir disalurkan melalui Bumdes, maka manfaatnya akan lebih merata dan dapat dirasakan oleh masyarakat desa secara langsung,” kata Rizal.

Rizal menambahkan, penyaluran pokir melalui Bumdes juga dapat mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat desa. Hal ini karena Bumdes dapat menggunakan dana pokir untuk mengembangkan berbagai potensi desa, seperti potensi ekonomi, sosial, dan budaya.

“Dana pokir dapat digunakan untuk mengembangkan potensi desa, seperti pertanian, peternakan, pariwisata, dan budaya. Dengan demikian, kualitas hidup masyarakat desa akan meningkat,” kata Rizal.

Rizal berharap, usulan ini dapat dipertimbangkan oleh anggota dewan. Dengan demikian, manfaat dana pokir dapat dirasakan oleh lebih banyak masyarakat desa. (Red)


TAG