BUMDes untuk Kemandirian Ekonomi Desa - Utustoria BUMDes untuk Kemandirian Ekonomi Desa - Utustoria

BUMDes untuk Kemandirian Ekonomi Desa

321
Spread the love

Photo: S. Rizal UK

Penulis: S.Rizal UK, Manager Pengembangan BUMDes Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil Sulawesi Tengah, Founder Bonua Indonesia

Utustoria.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah badan usaha yang didirikan oleh desa dan dikelola oleh masyarakat desa. BUMDes bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat desa.

Antara lain peran BUMDes adalah:

  1. Meningkatkan pendapatan desa melalui kegiatan usaha yang dikelola oleh BUMDes.
  2. Menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat desa.
  3. Meningkatkan daya beli masyarakat desa.
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Dengan pelbagai peran tersebut BUMDes dapat menjadi solusi untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh desa, antara lain Kemiskinan, Pengangguran, Kesenjangan sosial, dan Peningkatan kualitas hidup masyarakat desa.

Kehadiran BUMDes di Desa dapat menjadi motor penggerak pembangunan desa. Dengan adanya BUMDes, desa dapat menjadi mandiri dan mampu bersaing dengan desa-desa lain.

Kegiatan dilakukan oleh BUMDes untuk meningkatkan kemandirian ekonomi desa yang bisa dilakukan antara lain di bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kerajinan, Perdagangan dan Jasa.

Peran BUMDes dapat menjadi wadah untuk menampung dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa. Dengan adanya BUMDes, maka UMKM yang ada di desa dapat diwadahi dan dikembangkan menjadi lebih maju dan berkembang.

Akhirnya BUMDes adalah salah satu instrumen penting dalam pembangunan desa. Dengan dukungan dari pemerintah dan masyarakat, BUMDes dapat menjadi motor penggerak pembangunan desa dan meningkatkan kemandirian ekonomi desa.