Sambut 2024, Bumdes Tirta Kencana Lakukan Revitalisasi! - Utustoria Sambut 2024, Bumdes Tirta Kencana Lakukan Revitalisasi! - Utustoria

Sambut 2024, Bumdes Tirta Kencana Lakukan Revitalisasi!

587
Spread the love

Photo: Aparat dan Tokoh Masyarakat Desa Tirta Kencana

Utustoria.com, Banggai – Pemerintah Desa Tirta Kencana menggelar rapat evaluasi serta upaya revitalisasi terhadap Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) pada 29 Desember 2023. Hal ini juga berkaitan dengan penyertaan modal Desa yang sudah berlangsung sejak Oktober, Tahun 2021.

Kegiatan itu dipandang perlu oleh kepala Desa, Andi Anto sebab merupakan aspirasi warga yang ingin secara terbuka melakukan evalusi terhadap kinerja pengurus Bumdes selama 2 Tahun terakhir ini, sejak dilakukan penyertaan modal Desa sebesar 50 juta rupiah pada tahun 2021.

Dalam kegiatan rapat tersebut, ketua Bumdes, Harjito tidak berkesempatan hadir, sehingga dalam rapat evaluasi hanya diwakili oleh sekretaris dan bendahara Bumdes. Dalam laporan evaluasi tersebut, Rosihan menyampaikan bahwa jenis usaha yang dijalankan oleh Bumdes Kencana Jaya, Desa Tirta Kencana, adalah jenis usaha simpan pinjam. Pihaknya mengakui bahwa usaha tersebut tidak berjalan maksimal sebab hingga saat ini pengembalian dana secara persentase baru 75 persen dengan total saldo 48 juta, di luar dari dana pengembangan kapasitas sebesar 5 juta.

Hal itu juga diakui tidak terlepas dari kerja maksimal berbagai pihak, termasuk upaya kepala Desa yang sejauh ini menginginkan Bumdes di Desa Tirta Kencana dapat diperbaiki dan berjalan maksimal untuk meningkatkan sektor pendapatan yang ada di Desa.

Atas dasar laporan evaluasi itu, pihak pemerintah Desa (Pemdes) Tirta Kencana dan perwakilan Masyarakat yang ada dalam forum tersebut menginisiasi untuk melakukan perubahan struktur dan perubahan jenis usaha yang dianggap lebih efisien. Sehingga pada kesempatan itu juga pemdes dan perwakilan Masyarakat yang hadir bersepakat memberhentikan ketua Bumdes, Harjito dengan mengacu pada AD/ART Bumdes Kencana Jaya, Desa Tirta Kencana.

Kepala Desa, Andi Anto ikut menambahkan bahwa sebagai stimulus pihak pemerintah Desa Tirta Kencana, siap memberikan kembali penyertaan modal pada tahun 2024 mendatang sejumlah 50 juta.

“Sebagai upaya perbaikan Bumdes di desa ini, maka Insyallah kami dari pihak pemerintah Desa Tirta Kencana siap memberikan dana penyertaan modal 50 juta kembali di tahun mendatang.” Ungkap Andi Anto, selaku kepala Desa. (Red)