H.Akmal; UMKM adalah salah satu Kunci Pembangunan - Utustoria H.Akmal; UMKM adalah salah satu Kunci Pembangunan - Utustoria

H.Akmal; UMKM adalah salah satu Kunci Pembangunan

413
Spread the love

Photo: H. Akmal Bersama Salah Satu Pelaku UMKM

Utustoria.com, Banggai – Beberapa bulan terakhir ini H. Akmal meluangkan waktu untuk berkunjung ke beberapa tempat pelaku usaha kecil atau yang dikenal dengan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) diseputaran Toili Raya.

Dalam kunjungannya itu ada beberapa kesimpulan yang kedepan bisa dilakukan untuk mendorong UMKM menjadi lebih maju.

H. Akmal yang juga adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai ini pada Senin (20/11/2023) mengatakan kepada awak media bahwa kedepannya UMKM harus menjadi perhatian serius selain pertanian dan perikanan dan kelautan.

“Saya kira UMKM kedepan harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah karena aktivitas ekonomi yang mereka kerjakan sangat baik dalam mendorong keberlanjutan ekonomi lokal” demikian dikatakan Aleg yang akrab dipanggil H.Mamang ini.

Lebih lanjut H.Mamang mengatakan untuk mendorong UMKM lebih maju, penting untuk memberikan dukungan dalam hal pelatihan keterampilan, akses ke pasar, serta sumber daya keuangan.

“Saya kira penting untuk memberikan dukungan seperti pelatihan keterampilan, akses pasar dan tentunya sumberdaya keuangan” demikian harap H.Mamang serius.

Selanjutnya H. Mamang menjelaskan bahwa kemitraan dengan lembaga finansial dan pemerintah juga dapat membantu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan UMKM.

“Bermitra dengan pemerintah dan lembaga keuangan juga saya kira penting untuk keberhasilan dan keberlanjutan UMKM” tutupnya.


TAG