Ingin Bangkitkan Solidaritas Warga, Budi Gagas Banggai Bergerak - Utustoria Ingin Bangkitkan Solidaritas Warga, Budi Gagas Banggai Bergerak - Utustoria

Ingin Bangkitkan Solidaritas Warga, Budi Gagas Banggai Bergerak

469
Spread the love

Photo: Flyer Perkumpulan Banggai Bergerak

Utustoria.com, Banggai – Terinspirasi untuk terus menjaga solidaritas warga yang terbentuk saat terjadi pandemi covid 19 Supriadi Lawani berkeinginan agar solidaritas tersebut terus hidup dalam masyarakat meskipun pandemi telah berlalu.

Mantan aktivis lingkungan yang biasa dipanggil Budi ini beralasan bahwa solidaritas warga adalah tradisi masyarakat Indonesia yang penting untuk dijaga dan terus dihidupkan.

“Tradisi seperti solidaritas warga adalah tradisi yang sangat baik dan harus terus dihidupkan” harap Budi.

Menurut Budi solidaritas warga adalah kesatuan, saling mendukung, dan persatuan antara anggota masyarakat dalam suatu komunitas atau wilayah.

“Dengan adanya solidaritas warga dalam suatu komunitas dapat lebih mudah mengatasi berbagai masalah yang dihadapi bersama, contohnya, ketika ada bencana alam atau masalah kesehatan, warga yang solidaritasnya kuat akan saling bahu-membahu dalam upaya penanganan dan pemulihan” terang Budi.

Untuk mendorong solidaritas warga ini terus hidup menurut Budi, dia dan beberapa kawan telah membentuk Perkumpulan yang diberi nama Banggai_Bergerak.

“Iya saya dan beberapa kawan menginisiasi terbentuknya perkumpulan untuk membangkitkan kembali solidaritas antar warga, perkumpulan ini kami namakan Banggai_Bergerak” demikian Budi.

Photo: Supriadi Lawani

Bagi Budi Banggai_Bergerak nantinya akan berupaya mendorong kembali rasa kepedulian, keterlibatan, dan gotong-royong di antara warga untuk mencapai tujuan bersama, memperkuat komunitas, dan mengatasi tantangan bersama.

“Solidaritas warga adalah fondasi penting dalam membangun masyarakat yang harmonis dan berkelanjutan” Tutupnya.


TAG