H. Akmal Beri Apresiasi Pada Bisnis UMKM di Toili Barat - Utustoria H. Akmal Beri Apresiasi Pada Bisnis UMKM di Toili Barat - Utustoria

H. Akmal Beri Apresiasi Pada Bisnis UMKM di Toili Barat

51
Spread the love

Photo: Usaha Ikan Asin Pak Udin. Rata, Toili Barat

Utustoria.com, Banggai. Terletak di Desa Rata, wilayah paling ujung Kecamatan Toili Barat, terdapat beberapa kelompok warga sedang membangun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) produksi Ikan Asin. Dikenal dengan sapaan Pak Udin, beliau sudah merintis usaha tersebut sejak kurang lebih 5 tahunan.

Dengan mempekerjakan Ibu – ibu rumah tangga, usaha ikan asin pak Udin telah berhasil mencapai produksi hingga ratusan kilo per bulannya. Diakui oleh pak Udin sejauh ini masalah pemasaran produksinya masih sangat terbatas, sehingga produktivitas usaha mereka terkadang masih kurang stabil. Hanya wilayah terdekat yang ada di dataran Toili hasil produksi Ikan Asin dipasarkan, terkadang mereka justru menjualnya di wilayah Morowali utara – Morowali.

“Untuk wilayah pemasaran hasil usaha produksi Ikan Asin di Wilayah Banggai kurang begitu maksimal, kami lebih sering pasarkan di Morowali dan Morowali Utara, dari sana sudah ada pembeli tetapnya.” Ungkap Pak Udin.

Dalam kesempatan tersebut (12/6), H. Akmal memberi Apresiasi dengan mendorong perluasan jaringan pemasaran, agar produksi Ikan Asin warga yang ada di Desa Rata tersebut bisa dipasarkan hingga ke tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan juga Regional.

H. Akmal mengungkapkan dirinya akan mengusulkan aspirasi kelompok UMKM yang ada di wilayah tersebut pada dinas terkait Pemerintah Daerah (Pemda), sehingga kedepan UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas, agar UMKM bisa berkembang dan berkelanjutan.

“Saya upayakan untuk berkomunikasi dengan dinas – dinas terkait, supaya kedepan kelompok – kelompok usaha bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan usahanya bisa berkembang lebih baik.” Ujar H. Akmal. (Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.