Kegiatan Ekstrakurikuler di MI Annur’Ain Tirta Kencana - Utustoria Kegiatan Ekstrakurikuler di MI Annur’Ain Tirta Kencana - Utustoria

Kegiatan Ekstrakurikuler di MI Annur’Ain Tirta Kencana

231
Spread the love

Photo: Siswa – Siswi MI Annur’Ain Tirta Kencana

Penulis : SRIATI,S.Pd.
(Guru dan salah satu Pembina ekskul pramuka)

Utustoria.com – Dalam melaksanakan pendidikan ada tiga kegiatan pokok yang menjadi kunci dalam keberhasilan proses pendidikan siswa di sekolah yaitu ekstrakurikuler, Intrakurikuler dan Kokurikuler yang dimana ketiga kegiatan pokok ini merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pendidikan.
Ekstrakurikuler
Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan sekolah sebagai wadah bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya selama di sekolah. Dalam teknisnya ekstrakurikuler juga merupakan kegiatan non-pelajaran yang memberikan solusi bagi siswa untuk meningkatkan peminatan mereka ke berbagai bidang yang mereka inginkan.
Seperti yang tercantum dalam Permendikbud RI no 62 tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.


Pasal 1

Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:

  1. Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan.
  2. Satuan pendidikan adalah Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Pasal 2

  • Kegiatan Ekstrakurikuler diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional.

MI ANNUR’AIN TIRTA KENCANA yang berada di desa Marga kencana kec.Toili Kab.Banggai Prop.Sulteng melaksanakan tiga kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama,dan kemandirian peserta didik yaitu:

Marching Band


Kegiatan marching band telah beberapa tahun dilaksanakan dan hingga saat ini masih tetap berlangsung. Kelompok marching band ini aktif dalam karnaval/pawai peringatan hari-hari besar agama islam maupun hari-hari besar nasional serta mengiringi penaikkan bendera pada upacara bendera setiap hari senin disekolah.

Pramuka

Kegiatan kepramukaan GUDEP MI ANNUR’AIN TIRTAKENCANA aktif melaksanakan latihan satu kali dalam satu pekan dibawah pengawasan para pembinanya dan sesekali mengundang kakak-kakak Pembina dari Kwaran Kec. Toili . GUDEP MI ANNUR’AIN TIRTAKENCANA juga aktif mengikuti kegiatan-kegiatan kepramukaan ditingkat kecamatan maupun kabupaten.

Kelompok Tahfiz Qur’an

Kelompok Tahfiz Qur’an telah beberapa kali menamatkan peserta didiknya berdasarkan kelompok hafalannya. Kegiatan Tahfiz Qur’an diminati oleh banyak peserta didik sehingga dalam pelaksanaannya dibagi menjadi beberapa kelas. Kegiatan ini dilaksanakan ba’da shalat dzuhur hingga menjelang shalat Ashar setiap hari kecuali hari sabtu dan hari Ahad.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi tambahan informasi bagi para pembaca, serta menjadi motivasi bagi penulis serta rekan-rekan sejawat dalam membina dan mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama dan kemandirian peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler disekolah masing-masing.
Terimakasih kepada Bapak Kepala Sekolah yang telah memberikan dukungan penuh sehingga kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di MI ANNUR’AIN TIRTAKENCANA dapat berjalan lancar.