Wagub Pimpin Peringatan HUT Lansia ke-24 - Utustoria Wagub Pimpin Peringatan HUT Lansia ke-24 - Utustoria

Wagub Pimpin Peringatan HUT Lansia ke-24

776
Spread the love

Photo: Wagub Pimpin Peringatan HUT Lansia ke 24

Utustoria.comPalu. Dengan mengikuti aturan protokol gugus tugas covid-19, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusli Baco Dg. Palabbi, SH, MH didampingi Kepala Dinas Sosial Drs. H. Ridwan Mumu, M.Si, Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sulteng Dra. Maria Ernawati, MM dan Kepala Harian Komda Lansia Hasan Tawil menggelar jumpa pers, bertempat di ruang kerja Wakil Gubernur Sulteng, Jum,at 29 Mei 2020.

Jumpa pers yang dilaksanakan, merupakan puncak peringatan Hari Lansia nasional ke-XXIV yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2020 dengan mengangkat tema ‘Negara Hadir Untuk Lansia’.

Selaku Ketua Komda Lansia Sulteng, Wakil Gubernur H. Rusli Dg. Baco Palabbi terlebih dahulu memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi dan Kepala Perwakilan BKKBN selaku mitra yang telah banyak membantu.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng, Drs. H. Ridwan Mumu, M.Si menjelaskan Dinas yang dipimpinnya terdiri dari lima bidang, yang salah satunya Bidang Rehabilitasi Sosial yang diantaranya memberikan pelayanan kepada lansia dalam rangka peningkatan kesejahteraan sosial dengan syarat, Lansia tersebut berada di panti sosial.

“Sebanyak 1972 orang lansia telah kami ajukan ke pihak kementerian, akan tetapi hanya 666 orang yang berhak mendapatkan bantuan sosial yang terbagi pada 10 LKS se-Sulteng,” Sebut Kadis Ridwan.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk tahun 2020 mereka yang telah berusia diatas 70 tahun baru dikategorikan lanjut usia. Kadis Sosial juga mengakui memberikan bantuan Rp100.000/bulan selama setahun bagi lansia yang masuk dalam kriteria.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN, Dra. Maria Ernawati, MM menyatakan telah melakukan pembinaan kepada 781 keluarga yang salah satu anggota keluarganya masuk kategori lansia.

Dalam masa pandemik covid-19, pihaknya telah membagikan 2000 masker serta paket sembako.

Sebelum mengakhiri konfrensi pers, Ketua Komda Lansia Sulteng yang juga Wakil Gubernur Sulteng, H. Rusli Dg. Palabbi menyampaikan dalam waktu dekat akan mengunjungi lembaga kesejahteraan sosial untuk menyerahkan sembako atas dukungan Dinas Sosial sekaligus mengucapkan selamat HUT Lansia yang ke-XXIV. (Biro Humas dan Protokol)