Giat Dharma Santi Merawat Kebhinekaan di SMA Negeri Tolisu - Utustoria Giat Dharma Santi Merawat Kebhinekaan di SMA Negeri Tolisu - Utustoria

Giat Dharma Santi Merawat Kebhinekaan di SMA Negeri Tolisu

1764
Spread the love

Photo: Bagus Alit Wisnawa S.Sos.,M.A.P (Kepala Sekolah SMA Negeri Tolisu)

Utustoria.com, Banggai – Giat Dharma Santi di SMA Negeri Tolisu yang dirangkaikan dengan serangkaian lomba – lomba dari tingkat SD, SMP – SMA yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Camat Toili Jaya

Dalam kesempatan yg baik itu Selain di hadiri tuan rumah yakni Kepala sekolah, Dewan Guru dan siswa kegiatan tersebut juga dihadiri oleh oleh Ketua PHDI Kec.Toili jaya, Kepala sekolah SD & SMP, Ketua PGRI yang juga Ketua Komite SMAN Tolisu, dewan juri, guru Mapel Agama Hindu, serta siswa siswi peserta lomba Sekecamatan Toili Jaya.

Bagus Alit Wisnawa S.Sos.,M.A.P, selaku kepala sekolah SMA Negeri Tolisu dalam wawancaranya menyebut bahwa kegiatan serupa pernah mereka adakan di Tahun sebelumnya, namun kegiatan itu hanya bersifat internal. Sehingga kegiatan dharma santi tahun ini dianggap jauh lebih baik.


“Tahun lalu kami mengadakan kegiatan Dharma Santi ini hanya tingkat internal saja, tapi tahun ini dengan segala keterbatasan serta dukungan dari berbagai pihak levelnya kami naikan menjadi lomba tingkat kecamatan Toili Jaya yang diikuti oleh sekolah – sekolah yang memiliki siswa beragama Hindu.” Ujar Alit Sapaan Akrabnya.

Adapun kegiatan yg di lombakan meliputi:
Tingkat SD

  1. Baca sloka putra & Putri
  2. Dharma Wacana

Tingkat SMP

  1. Baca sloka putra dan putri
  2. Dharma Wacana

Tingkat SMA

  1. Dharmawacana
  2. Lomba Gebogan
  3. Lomba Klakat
  4. Lomba baca Sloka Putri

Dengan total peserta lomba sebanyak 90 siswa yang berasal dari SD Inpres 2 Tolisu, SD Inpres 2 Tirtakencana, SDN Tirtasari, SD Inpres Tohitisari, SDN 7 Toili, SMPN 3 Toili, SMPN 8 Toili dan SMPN 9 Toili serta tuan rumah SMAN Tolisu

Bagus Alit Wisnawa, S.Sos.,M.A.P juga menambahkan sebagai sekolah baru pihaknya ingin besar, tumbuh dan berkembang bersama Masyarakat sekitar. Olehnya itu sebisa mungkin pihaknya mengadakan kegiatan yang melibatkan sekolah – sekolah sekitar dengan tujuan sarana Promosi sekolah, Ajang silaturahmi, mampu menciptakan kader – kader yang bisa digunakan untuk berkompetisi di jenjang yang lebih tinggi.

“Kami juga berharap kegiatan ini terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak agar kedepannya kami bisa melaksanakan kegiatan yang sama.” Ungkapnya.

Ketua PHDI Kecamatan Toili Jaya Pak I Nyoman Lilir, S.Pd menyatakan bahwa Kami sebagi lembaga yang mengayomi umat Hindu di Kecamatan sangat mengapresiasi kegiatan positif ini dan berharap kegiatan ini terus tumbuh dan berkembang di SMAN Tolisu dan sekolah – sekolah yang lainnya.

Selain itu, Camat Toili jaya Makmur N. Lalekeng S.Sos Menyatakan bahwa sebagai pengayom dan pelindung semua agama di wilayahnya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh keluarga besar SMA Negeri Tolisu.

“Ini adalah langkah Positif yang dapat menumbuhkan mental dan kesadaran siswa untuk lebih mendalami Mapel Agama.” Ujar camat.

Apresiasi lainnya juga muncul dari guru mata pelajaran Agama Hindu asal sekolah SD Inpres Tohitisari, Ni komang Trianawati, S.Pd menurutnya kegiatan dharma santi di sekolah SMA Negeri Tolisu, yang melibatkan semua sekolah Sekecamatan Toili Jaya merupakan satu kegiatan yang positif dan yang sangat luar biasa untuk peserta didik mereka.

“Selama 13 tahun saya mengabdikan diri sebagai guru agama Hindu, baru kali ini ada sekolah yang mengundang kami untuk kegiatan seperti ini. Hasilnya sangat memuaskan, kami dari SD Inpres Tohitisari membawa pulang 2 piala untuk sekolah kami. 1 piala juara 1 lomba membaca sloka putri, dan 1 piala juara 3 lomba membaca sloka putra.” Ungkap Trianawati. Dirinya juga berharap Semoga sekolah lain bisa mencontoh sekolah SMA Negeri Tolisu

Tidak hanya Komang Trianawati, guru asal sekolah SD Negeri 7 Toili, Dewa Nyoman Oka Mahendra,s.pd ikut berkomentar, baginya kegiatan dharmasantih yang dilaksankan oleh SMA NEGERI TOLISU sangat memberikan inspirasi kepada peserta didiknya untuk selalu lebih giat lagi belajar ilmu Agama, menumbuhkan mental untuk berkompetisi, dan menjaga keharmonisan hidup sebagai jalan menuju kebahagiaan.
“Semoga kegiatan ini terus bisa dilaksanakan untuk bisa saling menjaga persatuan dan kesatuan antar sekolah yang ada di kecamatan Toili Jaya.” Tutup Nyoman Oka. (Red)