PINBUK Sulteng Dampingi 50 BUMDes di Tojo Una-una - Utustoria PINBUK Sulteng Dampingi 50 BUMDes di Tojo Una-una - Utustoria

PINBUK Sulteng Dampingi 50 BUMDes di Tojo Una-una

303
Spread the love

Photo: Sosialisasi Pendampingan dari PINBUK, Di Auditorium Kantor Bupati Tojo Una – una

Bupati: Penguatan BUMDes Upaya Kurangi Kemiskinan di Desa

Utustoria.com, Tojo Una-Una – 21 Agustus 2023 – Bupati Tojo Una-Una, yang di wakili Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan sekdakab Tojo Una-Una, Nawatsara Panjili mengatakan bahwa penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan upaya untuk mengurangi kemiskinan di desa.

Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Sosialisasi Pendampingan Pengurus dan Pengelola BUMDes dan BUMDes Bersama di Auditorium Kantor Bupati, Senin (21/08/2023).

“BUMDes dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kemiskinan di desa. BUMDes dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.”

Bupati menambahkan, pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan kepada BUMDes agar dapat berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat desa.

“Pemerintah daerah akan memberikan bantuan dana, pelatihan, dan pendampingan kepada BUMDes. Kami berharap BUMDes dapat menjadi tulang punggung perekonomian desa dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.”

Turut hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Tojo Una-Una Husen Abubakar, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Alimudin Muhammad, serta Penasehat PINBUK Sulawesi Tengah Indonesia Arifudin Bidin dan Direktur PINBUK Sulawesi Tengah Andi Aril Patalau selaku Narasumber/Pemateri. hadir pula Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Tojo Una-Una Alfian Matajeng, sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait, Para Camat serta Kepala Desa.

Dalam acara tersebut, para peserta diberikan materi tentang tata kelola BUMDes yang baik, serta strategi pengembangan usaha BUMDes.
PINBUK Sulteng dalam kegiatan pendampingan ini dibantu oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan dari PINBUK Kab. Banggai Abdullah Mukarram dan PINBUK Kab. Banggai Kepulauan S. Rizal UK. (Red)