Ironi! Arungi Arus Banjir, Pasien Berhasil Dirujuk - Utustoria Ironi! Arungi Arus Banjir, Pasien Berhasil Dirujuk - Utustoria

Ironi! Arungi Arus Banjir, Pasien Berhasil Dirujuk

550
Spread the love

Photo: Proses Evakuasi Pasien Menggunakan Perahu Karet Menuju Puskesmas

Utustoria.com, Banggai. Putusnya akses jalan umum di desa Arga kencana yang diakibatkan oleh Banjir memaksa warga untuk terisolir.
Keterlambatan bantuan dan upaya penanganan transportasi logistik mengakibatkan 1 orang warga yang sedang sakit harus dirawat di kantor Desa Arga Kencana.

Sejak pagi aparat desa dan warga setempat sudah berupaya untuk segera melarikan pasien ke Puskesmas terdekat, tetapi karena arus banjir yang semakin membesar akhirnya diputuskan untuk memberi penanganan medis seadanya di Kantor desa, sembari menunggu adanya perahu karet.

Tenaga kesehatan yang menangani pasien juga sangat terbatas, hanya ada 1 bidan desa yang berupaya untuk memberi bantuan seadanya. Tanpa berani melakukan diagnosa lebih terhadap pasien, bidan desa yang akrab di sapa ses Konstan ini menyarankan agar pasien bisa di upayakan ke puskesmas, karena menurutnya pasien memiliki riwayat alergi terhadap obat.

Hampir kurang lebih 10 jam lamanya terbaring di Kantor Desa baru akhirnya menjelang sore pasien yang di ketahui bernama Ibu Imah ini bisa di evakuasi menuju puskesmas Toili I, kecamatan Moilong, menggunakan perahu karet.

Walau dengan cuaca yang terus hujan, dan arus air yang deras pasien akhirnya bisa dipastikan tiba dan mendapatkan perawatan medis yang layak di Puskesmas. (Red)