Proyek Sudah Berjalan, Warga Belum Terima Ganti Rugi Lahan - Utustoria Proyek Sudah Berjalan, Warga Belum Terima Ganti Rugi Lahan - Utustoria

Proyek Sudah Berjalan, Warga Belum Terima Ganti Rugi Lahan

628
Spread the love

Photo: Wahyudi S. Muhdin, Anggota LSM Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN)

Utustoria.com, Gorontalo. Waduk Bulango Ulu yang berada di Kab. Bone Bolango Prov. Gorontalo merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), namun sampai saat ini pembangunan bendungan tersebut dinilai berlangsung lambat dan memiliki beberapa kejanggalan.

Wahyudi S. Muhdin yang merupakan Anggota LSM Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) Perwakilan wilayah Gorontalo, mempertanyakan status tahapan pembangunan bendungan yang sedang berlangsung saat ini dan bagaimana nasib warga yang terdampak pada pembangunan salah satu PSN di Prov. Gorontalo.

“Pembangunan waduk/bendungan di Bulango Ulu, sampai mana tahapan saat ini? diketahui sudah mulai beroperasi namun belum semua lahan masyarakat yang dibayarkan, masyarakat terdampak saat ini bertahan hidup dan berjuang berdampingan dengan pembangunan proyek.” ujar Wahyu.

Pihaknya menegaskan bahwa pembangunan waduk seharusnya menyelesaikan permasalahan ganti rugi lahan terlebih dahulu dan melanjutkan ke tahapan pembangunan.

“Seharusnya pemerintah membayarkan terlebih dahulu pembebasan lahan mausyarakat baru melakukan tahapan pembangunan bendungan”

Saat ini diketahui baru ada 1 desa dari 3 desa terdampak yang sudah dilakukan tahapan pembayaran. Selain itu ada masyarakat Transmigrasi di Desa Owata yang belum jelas statusnya dan patut dipertanyakan kepada pemerintah.

“Bagaimana dengan nasib status Transmigrasi yang berada di owata saat ini, apakah pemerintah sudah mengambil kebijakan terkait persoalan itu”

Ia juga menegaskan bahwa Pembangunan Bendungan Bulango Ulu merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang harus didukung, namun pemerintah harus melaksanakan tahapan sesuai prosedur. Seharusnya persoalan pengadaan tanah sudah terselesaikan sebelum dilakukan tahapan pembangunan proyek. (Red)