Jaga Silaturahmi, Sulianti Murad dan Edi Sutrisno Diskusi Lingkungan dan Beberapa Hal Terkait Pembangunan Banggai - Utustoria Jaga Silaturahmi, Sulianti Murad dan Edi Sutrisno Diskusi Lingkungan dan Beberapa Hal Terkait Pembangunan Banggai - Utustoria

Jaga Silaturahmi, Sulianti Murad dan Edi Sutrisno Diskusi Lingkungan dan Beberapa Hal Terkait Pembangunan Banggai

533
Spread the love

Photo: Sulianti Murad dan Edi Sutrisno

"Mari bersama - sama kita bangun Banggai dengan cara yang terbaik yang kita bisa." Tutup ketua DPC Gerindra tersebut.

Utustoria.com, Banggai – Geliat pemilihan kepala daerah Kabupaten Banggai yang mulai memanas, memunculkan banyak spekulasi yang berkembang dikalangan para politisi dan Masyarakat.

Berbagai nama figur yang diprediksi akan bertarung pada momentum tersebut juga telah banyak dibicarakan oleh publik. Di antaranya yang kini sedang santer digadang-gadang ialah Sulianti Murad, Ketua DPC Gerindra Banggai. Sulianti Murad dianggap sebagai salah satu calon kuat Bupati Banggai yang sepadan untuk melawan Petahana pada Pilkada Banggai 2024.

Menanggapi ramainya tanggapan publik atas kesiapan Sulianti Murad dalam pertarungan Pilkada Banggai mendatang, tampaknya dijawab dengan beberapa agenda politik yang ia lakukan. Selain melakukan safari politik/silaturahmi dengan beberapa tokoh penting yang ada di Kabupaten Banggai, Sulianti Murad juga melakukan beberapa pertemuan dengan tokoh-tokoh politik lainnya yang ada di Jakarta.

Setelah beberapa pekan lalu Sulianti Murad bertemu langsung dengan Presiden terpilih, Prabowo Subianto, serta Ahmad Ali selaku petinggi partai Nasdem dan beberapa nama politisi Nasional lainnya, kali ini ia berkesempatan melakukan pertemuan dengan Edi Sutrisno, seorang Aktivis Lingkungan, mantan direktur Transformasi untuk Keadilan Indonesia (TuK Indonesia). Pertemuan itu berlangsung di Plaza Indonesia. (3/5/2024)

Meski Edi Sutrisno juga adalah salah satu tokoh yang namanya muncul dalam beberapa survey kepala daerah di Banggai, ternyata tidak memunculkan rivalitas yang negatif. Kedua tokoh tersebut tampak santai dan tetap santun. Dikabarkan bahwa pertemuan mereka adalah bagian dari upaya menjaga silaturahmi dan juga mendiskusikan beberapa hal terkait aspek lingkungan dan pendidikan.

Menurut Sulianti Murad saat dikonfirmasi, keluhan warga terkait daruratnya sampah dan juga beberapa aspek lain seperti pendidikan dan kesehatan sangat penting untuk direspon, itu sebabnya ia ingin berdiskusi dengan banyak pihak untuk membuat perencanaan pembangunan yang baik kedepannya.

“Iya, selain menjaga silaturahmi, pertemuan ini juga dalam hal bertukar ide dan gagasan terkait beberapa aspek, seperti lingkungan, pendidikan dan kesehatan yang belakangan sering dikeluhkan.” Ujar Sulianti Murad

Pada kesempatan yang sama, Edi Sutrisno juga memberikan tanggapan terkait agenda pertemuan mereka. Menurutnya adalah keharusan untuk membuat perencanaan matang dan tidak salah arah dalam upaya pembangunan daerah. Dirinya juga membenarkan kalau pertemuan itu lebih banyak diisi dengan obrolan terkait aspek penting pembangunan, yaitu Pendidikan, lingkungan dan kesehatan.

“Kalau kita gagal merencanakan, itu sama halnya dengan merencanakan kegagalan. Saya bertemu dengan ibu Sulianti untuk bertukar ide terkait beberapa aspek penting pembangunan Banggai. Kita berdoa saja dulu semoga kedepan Banggai bisa menjadi lebih baik lagi.” Tutup Edi Sutrisno

Kedua tokoh tersebut dalam beberapa obrolan yang dibagikan dengan awak media bersepakat bahwa Membangun Banggai yang sejahtera, dimulai dari tiga hal yaitu kesehatan, lingkungan, dan pendidikan. Pertama, kualitas layanan kesehatan perlu ditingkatkan termasuk dari yang paling bawah seperti Puskesmas. Petani, nelayan, guru, masyarakat adat mendapatkan peran yang sama di setiap layanan-layanan kesehatan ini.

Edi sutrisno juga menambahkan bawah aspek kesehatan juga harus didukung dengan lingkungan yang baik.

“Meningkatkan kualitas lingkungan dalam memastikan udara bebas polusi, bencana terminimalisir, kualitas air baik, infrastruktur baik, dan lain sebagainya menjadi keharusan.” Imbuh pria yang juga akrab disapa Gun ini.

Sementara itu Sulianti Murad turut menambahkan juga bahwa pendidikan warga Banggai harus dibangun bersama-sama agar semua kalangan bisa mengakses pendidikan yang terbaik.

“Mari bersama – sama kita bangun Banggai dengan cara yang terbaik yang kita bisa.” Tutup ketua DPC Gerindra tersebut.
(Red)