Hasil dari MoU JOB Tomori dan Pemda Banggai,16 Peserta Pelatihan Welder SMAW Dikukuhkan - Utustoria Hasil dari MoU JOB Tomori dan Pemda Banggai,16 Peserta Pelatihan Welder SMAW Dikukuhkan - Utustoria

Hasil dari MoU JOB Tomori dan Pemda Banggai,16 Peserta Pelatihan Welder SMAW Dikukuhkan

645
Spread the love

Photo: 16 Peserta Pelatihan Plate Welder SMAW 3G Dikukuhkan Bupati Banggai

Utustoria.com, Banggai – Sebagai perusahaan hulu minyak dan gas bumi yang beroperasi di Kabupaten Banggai, Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) memiliki komitmen yang tinggi dalam memajukan Kabupaten Banggai bersama-sama dengan Pemerintah Daerah, bukan hanya melalui kontribusi Dana Bagi Hasil (DBH) Migas, tetapi juga melalui program pemberdayaan masyarakat yang merupakan tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJS).

Sejak penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara JOB Tomori dengan Pemda Banggai pada bulan Juli 2023 lalu, kemudian ditindak lanjuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan 8 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), salah satunya adalah dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai, yang diterjemahkan dalam bentuk pelatihan kerja berbasis kompetensi jurusan plate welder Shielded Metal Arc Welding (SMAW) 3G atau las elektroda terbungkus bagi 16 peserta.

Seluruh anggaran pelatihan yang dilaksanakan di Loka Latihan Kerja (LLK) Koyoan ungkap Kadis Nakertrans, Hj Ernaini Mustatim, SH,MH, bersumber dari anggaran CSR JOB Tomori dan di ikuti 16 peserta dari Kecamatan Moilong yang sebelumnya telah melalui proses seleksi melibatkan pemerintah kecamatan dan desa.

“Setelah melalui proses pelatihan selama 43 hari atau 340 jam sejak Januari hingga Maret 2024, seluruh peserta dinyatakan lulus dan berkompeten mendapatkan sertifikat dari BNSP maupun sertifikat internal dari LLK Luwuk,” jelas Ernaini mengawali acara pengukuhan peserta pelatihan di halaman rumah jabatan Bupati Banggai di Kawasan Bukit Halimun, Kamis (7/3/2024).

Melalui program pelatihan ini kata General Manager JOB Tomori, Benny Sidik, diharapkan dapat membantu meningkatkan skill calon tenaga kerja, khususnya yang berada di sekitar area operasi perusahaan, sehingga mudah terserap dalam peluang lapangan kerja yang tersedia.

“JOB Tomori ingin memberikan kontribusi yang lebih besar lagi untuk kemajuan Kabupaten Banggai, melalui upaya peningkatan sumber daya manusia, semoga program pemberdayaan yang dilaksanakan JOB Tomori memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Benny Sidik, dalam rangkaian kegiatan pengukuhan peserta pelatihan, sekaligus kunjungan kehormatan SKK Migas dan JOB Tomori kepada Pemda Banggai.

GM JOB Tomori juga menyampaikan bahwa seluruh program pemberdayaan masyarakat bisa terlaksana dengan baik berkat dukungan SKK Migas sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat. Termasuk juga berpesan kepada peserta pelatihan agar tidak pernah berhenti belajar, terus meningkatkan keahlian, serta selalu mengutamakan aspek keselamatan kerja di setiap aktifitas.

“Tidak akan ada keberhasilan kerja, jika terjadi kecelakaan kerja, safety harus diutamakan dan menjadi budaya kerja sebagaimana diterapkan dalam lingkungan kerja JOB Tomori,” pesannya.

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO, dalam sambutannya usai menyerahkan sertifikat peserta pelatihan menyampaikan apresiasinya atas kontribusi yang diberikan JOB Tomori dalam meningkatkan sumber daya manusia putra putri Kabupaten Banggai.

Pemda Banggai tegas Amirudin, menginginkan agar kemajuan daerah tidak hanya bersandar pada sumber daya alam semata, namun perlu di imbangi dengan kemajuan sumber daya manusia, dan meningkatkan sektor pertanian dan Peternakan.

“Terimakasih kepada JOB Tomori yang telah bekerjasama dengan Pemda dalam mencerdaskan masyarakat, kedepan kita akan kembangkan lagi pada sektor pertanian dan peternakan, agar kita memiliki pertanian yang tangguh dan peternakan yang hebat,” tegasnya.

Apabila suatu daerah memiliki sumber daya manusia yang tangguh sambung Bupati Banggai, maka daerah tersebut tidak akan bergantung pada sumber daya alam, seperti halnya Singapura yang tidak memiliki cadangan migas, namun bisa menjual migas, termasuk juga Selandia Baru yang memanfaatkan kecerdasan masyarakatnya dengan memajukan sektor pertanian, sehingga kekayaan alam lainnya masih tersimpan sebagai cadangan.

Dikesempatan pengukuhan peserta pelatihan tersebut, juga dirangkaikan dengan Kunjungan Kehormatan SKK Migas dan JOB Tomori, sekaligus menggelar do’a dan zikir bersama, serta memberikan santunan kepada 100 orang anak yatim.

Turut hadir di kegiatan tersebut, pimpinan kontraktor EPC Proyek Senoro Selatan, milik JOB Tomori, KSO Timas dan PT. Pratiwi Putra Sulung (PPS), Relation Security & ComDev Manager JOB Tomori, Visnu C. Bhawono bersama jajaran management dan tim JOB Tomori. (Red)