4 Pilar Kebangsaan dan Osis SMA Negeri 1 Toili; Politik Uang adalah Kejahatan! - Utustoria 4 Pilar Kebangsaan dan Osis SMA Negeri 1 Toili; Politik Uang adalah Kejahatan! - Utustoria

4 Pilar Kebangsaan dan Osis SMA Negeri 1 Toili; Politik Uang adalah Kejahatan!

1930
Spread the love

Photo: Komunitas 4 Pilar Kebangsaan SMA Negeri 1 Toili

"Generasi muda harus mampu memilih pemimpin yang kritis, jujur dan adil. Untuk itu kami menghimbau mari memilih sosok pemimpin yang jauh dari kejahatan politik uang." Terang Hilda

Utustoria.com, Banggai – Menyikapi tahapan pemilihan umum 2024 yang sedang berlangsung, Ketua Osis SMA Negeri 1 Toili, Muh Ryan Nusura, yang juga termasuk dalam kategori pemilih pemula menyampaikan himbauannya kepada para pelajar yang sudah wajib pilih agar dapat menjadi instrumen penting dalam terlaksananya Pemilu yang jujur dan adil.

Hal itu diungkapkan Ryan kepada Utustoria, mengingat bahwa Kabupaten Banggai berada pada urutan kedua secara Nasional dengan tingkat kerawanan politik uang dalam rilis Badan Pengawasan Pemilu RI (BAWASLU) pada Agustus Lalu.

Mewakili Osis SMA Negeri 1 Toili, dirinya dengan tegas menyampaikan bahwa keberadaan pemilih muda adalah penentu dari maju tidaknya tatanan demokrasi. Olehnya itu, sebagai bagian penting dalam pemilu ini, Ryan menghimbau agar teman – teman pelajar dan semua pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya tanpa mengacu pada hal – hal yang mencederai demokrasi.

Photo: Muh Ryan Nusura, Ketua Osis SMA N 1 Toili

“Mari gunakan hak pilih kita, tanpa harus adanya paksaan, iming-iming dan terlebih lagi praktek jual beli suara atau Money Politik!” Tegas Ryan.

Ia juga menambahkan bahwa sejujurnya Politik Uang adalah kejahatan luar biasa, sehingga siapapun pelaku dari praktek politik uang adalah penjahat. Sebagai pelajar dirinya juga berharap hal itu bisa menjadi komitmen bersama oleh semua pihak yang ada di Kabupaten Banggai.

“Pelaku kejahatan politik uang adalah penjahat, jangan memilih penjahat. Mestinya ini bisa menjadi komitmen bersama dengan semua pihak di Banggai agar demokrasi kita bisa tumbuh dengan baik.” Harapnya.

Sejalan dengan itu, Komunitas 4 Pilar SMA Negeri Toili juga sebelumnya telah ikut mendeklarasikan sikap mereka untuk sama – sama menjadi garda terdepan dalam memerangi kejahatan politik uang. Deklarasi juga sempat dibuat dalam sebuah video yang berdurasi 3 menit, dan turut dikirimkan ke redaksi Utustoria.

Dalam rekaman Video tersebut, Hilda selaku Anggota dari komunitas 4 pilar SMA N 1 Toili menyampaikan bahwa sebagai generasi muda yang nantinya akan ikut menentukan arah pembangunan bangsa, pihaknya akan juga ikut memilih para calon pemimpin yang kritis dan mampu bekerja dengan cara – cara yang mengedepankan prinsip jujur serta adil.

“Generasi muda harus mampu memilih pemimpin yang kritis, jujur dan adil. Untuk itu kami menghimbau mari memilih sosok pemimpin yang jauh dari kejahatan politik uang.” Terang Hilda. (Red)