Kolaborasi Donggi Matindok Field dalam Mengembangkan Taman Kehati Kokolomboi - Utustoria Kolaborasi Donggi Matindok Field dalam Mengembangkan Taman Kehati Kokolomboi - Utustoria

Kolaborasi Donggi Matindok Field dalam Mengembangkan Taman Kehati Kokolomboi

899
Spread the love

Photo: Field Manager Pertamina EP Donggi Matindok, Ridwan Kiay Demak, Melakukan Serah Terima Secara Simbolik dengan Perwakilan Masyarakat. (Sumber: Relation PEP)

Utustoria.com, Bangkep – Sebagai perusahaan Industri Hulu Migas yang berada dibawah naungan Subholding Upstream Regional Indonesia Timur, Pertamina EP Donggi Matindok Field berkomitmen untuk melakukan kegiatan Konservasi Keanekaragaman Hayati, tepatnya di Desa Leme Leme Darat Kecamatan Buko Kabupaten Banggai Kepulauan, Sabtu (28/1).

Sebagai langkah mewujudkan perusahaan minyak dan gas bumi yang berkelanjutan serta mendukung gerakan perlindungan dan pelestarian hayati, Pertamina EP Donggi Matindok Field berkomitmen untuk melakukan kegiatan Konservasi Keanekaragaman Hayati dengan target peningkatan status indeks sebesar 5% sampai tahun 2024 serta berkontribusi terhadap capaian target SDGs No 15 yaitu Menjaga Ekosistem Darat.

Photo: Manajemen Donggi Matindok Melakukan Foto Bersama Dengan Perwakilan Pemerintah Daerah Banggai Kepulauan (Sumber: Relation PEP)

Disampaikan Field Manager Donggi Matindok Field, Ridwan Kiay Demak, sejalan dengan komitment perusahaan, Pertamina EP Donggi Matindok Field bekerjasama dengan Pemerintah dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan dalam pengelolaan Taman Kehati Kokolomboi guna menunjang kelestarian satwa endemik Pulau Peleng yakni Tarsius (Tarsius pelengensis) dan Gagak Banggai (Corvus unicolor).

Selain menjaga ekosistem hayati, masyarakat juga didorong dapat memanfaatkan potensi yang ada melalui budidaya madu dahan dan batu dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan. Kegiatan ini turut mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Perhutanan Sosial dan Program Kampung Iklim.

Photo: Komitmen Bersama Pertamina EP bersama Pemerintah Kabupaten Banggai Laut (Sumber: Relation PEP)

Sebagai hasil kolaborasi multi sektor ini, di Tahun 2020 Desa Leme – Leme Darat berhasil mendapatkan penghargaan Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Saat ini, Perusahaan bersama Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan telah mengembangkan 10 desa binaan baru sebagai langkah nyata untuk mewujudkan Proklim Lestari. (Red)