Unggul di Menit-Menit Akhir, Tim Basket Banggai Melangkah ke Final Usai Kalahkan Parimo  - Utustoria Unggul di Menit-Menit Akhir, Tim Basket Banggai Melangkah ke Final Usai Kalahkan Parimo  - Utustoria

Unggul di Menit-Menit Akhir, Tim Basket Banggai Melangkah ke Final Usai Kalahkan Parimo 

668
Spread the love

Photo: Pertandingan sengit Tim Basket Putra Banggai Vs Parimo untuk memperebutkan tiket ke final (Sumber: Abdy Gunawan).

Utustoria.com, Banggai. Partai semi final cabang olahraga (cabor) bola basket putra Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) Ke-9 berakhir dengan kemenangan Banggai. 

Usai mengalahkan Parigi Moutong (Parimo) dengan skor 82-78 pada pertandingan yang dilaksanakan Rabu (14/12/22), Banggai dipastikan akan melawan Kota Palu di babak final nanti.

Pertandingan yang berlangsung di Lapangan Basket Gelora, Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk itu merupakan pertandingan keempat yang diikuti Tim Basket Putra Banggai tanpa mengalami kekalahan sekalipun.

Dari amatan pewarta, meski sempat tertinggal dari Parimo sampai di penghujung quarter keempat, para Pebasket Muda Banggai akhirnya bangkit, melampau skor lawan hingga memenangkan pertandingan. 

Tersisa 1 menit sebelum pertandingan berakhir, Banggai yang masih tertinggal dua poin meminta time out kepada wasit. Tidak diduga, usai jeda pertandingan selama satu menit, Tim Banggai membalikan keunggulan sampai peluit tanda pertandingan berakhir berbunyi. 

“1 menit terakhir kita memperoleh momentum mencetak poin dan mengejar ketertinggalan, lalu saat parimo menyamakan poin di 40 detik tersisa, kita mengambil time out untuk mengatur kembali strategi dan ritme permainan,” Asisten Coach, Budiman menerangkan. 

Antusiasme suporter, lanjut Budiman, tidak bisa dinafikan, adalah salah satu faktor yang terus memotivasi teman-teman atlet untuk mengungguli lawan saat mereka diperkirakan akan kalah.

“Masyarakat Banggai yang mendukung sore itu sangat banyak, sorakan dan juga yel-yel menjadi penyemangat adik-adik di lapangan,” imbuhnya. 

Kamis (15/12/22) pukul 19.00 – 21.00 WITA, dilansir dari akun instagram resmi Perbasi Sulteng, squad asuhan Marco Tetelepta dan Afandi Junior Garcia tersebut akan berhadapan dengan Ibu Kota di venue yang sama untuk menentukan pemenang cabor bola basket Porprov Sulteng 2022. 

“Sekarang yang penting adalah istirahat yang cukup, makannya Jam 11 kami haruskan mereka untuk tidur, plus HP teman-teman disita agar tidak ada distraksi,” tutur Budiman ketika ditanya perihal persiapan menghadapi final besok. 

Adapun mereka yang akan memperebutkan medali emas cabor bola basket mewakili Banggai adalah Given Matulage, Wawan Yunan, Fatiryasin Fernando Holiat, Paskah Lorenzo , Bintang Ramadhan, Cristiago juniada, Marcel Poguman, Jeaven Bolang, Michael juniardi, Michael Galuanta dan Luis Ponglaba sebagai kapten. 

Berbeda dengan Tim Basket Putra, langkah Tim Putri dan Tim 3×3 harus berhenti di empat besar. 

“Di hari sebelum final dimulai, Tim Putri dan 3×3 Banggai akan bertanding memperebutkan posisi ke 3,” kata Budiman mengakhiri wawancara. (abdy)