Bupati Resmikan Gedung PAUD dan Sanitasi Air Bersih Hasil Kerja Sama JOB Tomori dan PD Aisyiyah - Utustoria Bupati Resmikan Gedung PAUD dan Sanitasi Air Bersih Hasil Kerja Sama JOB Tomori dan PD Aisyiyah - Utustoria

Bupati Resmikan Gedung PAUD dan Sanitasi Air Bersih Hasil Kerja Sama JOB Tomori dan PD Aisyiyah

511
Spread the love

Photo: Penandatanganan Prasasti Pembangunan Sarana Oleh Bupati Banggai, Amirudin yang disusul oleh Field Senior Manager, Abidzar Akman dan Ketua PD Aisyiyah, Sri Moxsa (Humas Media JOB Tomori)

Utustoria.com, Banggai. Bertempat di Dusun terpencil, yaitu Tombiombong, Desa Maleo Jaya, Batui Selatan. Bupati Banggai, Amirudin Tamboreka, Selasa (12/7/2022), meresmikan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aisyiyah dan sarana air bersih perpipaan Komunitas Adat Suku Loinang.

Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) bekerjasama dengan pengurus Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Banggai untuk membangun kedua fasilitas umum tersebut sebagai bentuk komitmen industri hulu migas yang beroperasi di wilayah Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai.

Dalam sambutan awal, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Banggai, Drs. Sri Moxsa Djalumang, S.Pd menyampaikan sekelumit perjalanan kisah yang membawanya untuk mengabdi dan memberi kontribusi sosial pada warga dusun Tombiobong.

Bermula di tahun 2018, Dirinya bersama organisasi otonom lainnya masuk dalam tim gugus tugas penanggulangan stunting bersama Pemda Banggai dan melakukan agenda bakti sosial. Saat itu kata dia, mereka mencari desa sasaran yang kondisinya sangat parah, agar apa yang akan di lakukan nantinya memberikan dampak yang baik bagi masyarakat.

Tibalah di dusun Tombiobong, dimana keadaan saat itu benar-benar terisolir, akses hanya jalan setapak dan di penuhi semak belukar, serta masyarakatnya masih menggunakan pakaian yang belum layak.

“Setelah berbaur dengan warga, begitu banyak yang harus dilakukan. Saat itu menurut kami keberadaan sekolah menjadi kebutuhan mendasar dan rencana ini disambut baik ibu-ibu yang siap menjadi relawan sebagai guru yang tidak menuntut upah. Seiring perjalanan waktu kami mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk JOB Tomori yang memiliki komitment yang sama untuk memberdayakan masyarakat dengan membangun gedung PAUD yang lebih layak, termasuk pembangunan sarana air bersih yang saat ini sudah bisa di nikmati 35 rumah tangga Dusun Tombiobong,” ujar Ibu Inang, sapaan Sri Moxsa.

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka, setelah mendengar kisah yang disampaikan Ketua PD Aisyiyah merasa terharu dan tak dapat membendung air matanya. Dirinya bahkan harus menjedah sambutannya beberapa menit.

“Luar biasa, mendengar penjelasan Ketua Aisyiyah membuat saya tidak bisa berkata apa-apa lagi. Kalau kita bekerja dengan hati, maka kita tidak akan berfikir tentang apa yang kita dapatkan. Apabila saya berfikitrtentang pendapatan, mungkin saya sudah berhenti jadi bupati, karena lebih banyak yang saya keluarkan dari pada yang saya dapatkan. Namun jangan berkecil hati, tuhan maha adil, mungkin hari ini kita tidak mendapatkan apa-apa, tapi coba merenungi setiap hari langkah kita bahkan setiap tarikan nafas kita, begitu banyak nikmat yang kita dapatkan,” terang Haji Amir, sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Banggai juga memberikan bantuan untuk guru-guru yang telah bekerja sepenuh hati dan akan berusaha mengangkat mereka sebagai guru PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) karena ada kewenangan daerah untuk menentukan, termasuk memprioritaskan perbaikan jalan.

“Silahkan PD Aisyiyah menyusun perencanaan pembangunan micro hydro untuk pembangkit listrik dan memasukan proposal kepada Pemda Banggai. Pasti kita akan bantu,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Field Senior Manager JOB Tomori, Abidzar Akman, mengatakan bahwa sebagai industri hulu migas yang beroperasi di wilayah Kecamatan Batui Selatan dibawah pengawasan SKK Migas, pihaknya akan terus berupaya menjalankan program yang bermanfaat untuk masyarakat melalui kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai pihak termasuk Pemda Banggai dan PD Aisyiyah.

“Kedepan kami akan berusaha untuk mengajak industri hulu migas lainnya di Kabupaten Banggai untuk bersama-sama memberikan manfaat yang lebih baik lagi untuk Komunitas Adat Terpencil Dusun Tombiobong,” tegas Abid, sapaan akrab Abidzar Akman.

Relation Security dan ComDev Manager JOB Tomori, Agus Sudaryanto, usai prosesi pengguntingan pita peresmian gedung PAUD kembali menambahkan bahwa, khusus di dusun Tombiobong, JOB Tomori bersama PD Aisyiyah juga telah bersama-sama melakukan pemberdayaan ekonomi melalui pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman jangka pendek, bantuan alat pertanian dan melaksanakan program penanggulangan stunting melibatkan Unhas Makassar yang terus berjalan sampai dengan saat ini, serta pembangunan sanitasi air bersih yang berjarak 2 kilometer dari sumber mata air hingga ke rumah warga.

“Pembangunan sarana air bersih ini berdasarkan laporan dari konsultan Aisyiyah menggunakan pipa jenis HDPE ukuran 4 inc sepanjang 960 meter, kemudian pipa 3 inc sepanjang 672 meter dan pipa 2 inc untuk sambungan ke rumah warga sepanjang 660 meter, serta menghasilkan 253.296 liter perdetik, namun aktualnya hanya di gunakan 2,5 liter per detik untuk memenuhi 35 rumah tangga dusun Tombiobong, sehingga surplus air masih sangat melimpah yang kedepan bisa di gunakan warga untuk mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar,” tutup Agus Sudaryanto.(Red/Adv)