Indonesia Termasuk Daftar Negara Tercepat Waktu Berpuasa - Utustoria Indonesia Termasuk Daftar Negara Tercepat Waktu Berpuasa - Utustoria

Indonesia Termasuk Daftar Negara Tercepat Waktu Berpuasa

234
Spread the love

Photo: Ilustrasi (Krjogja)

Utustoria.com – Berikut ini daftar negara dengan waktu puasa tercepat atau tersingkat. Seperti diketahui bahwa sebentar lagi bulan Ramadan 1443H/2022M tiba dan kaum Muslimin diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa.

Di Indonesia, ibadah puasa biasanya dilakukan selama 12 sampai 13 jam setiap harinya di bulan Ramadan. Tetapi, setiap negara memiliki durasi ibadah puasa berbeda-beda, tergantung posisi matahari.

Oleh karena itu, ada beberapa negara dengan waktu puasa terlama dan tersingkat. Nah, negara mana saja sih yang memiliki waktu puasa tercepat atau tersingkat?

Baca juga: Sejarah Puasa Sebelum Islam Datang

Berikut ini daftar kota di dunia dengan durasi puasa tersingkat, seperti telah dirangkum dari laman Thenationalnews, Kamis (31/3/2022).

1. Johannesburg, Afrika Selatan

Di urutan pertama ada Kota Johannesburg di Afrika Selatan. Durasi puasa di kota ini ada di kisaran 11–12 jam per hari di bulan Ramadan.

2. Buenos Aires, Argentina

Kemudian ada Kota Buenos Aires di Argentina. Umat Islam di sana akan menjalani puasa Ramadan selama 11–12 jam sehari.

3. Cape Town, Afrika Selatan

Selain Johannesburg, ada juga kota lain di Afrika Selatan yang durasi puasanya lebih singkat dari negara-negara lainnya, yaitu Cape Town dengan waktu puasa 11 hingga 12 jam.

4. Christchurch, Selandia Baru

Lalu ada Christchurch di Selandia Baru. Imat Islam di sana juga menjalani puasa dengan durasi 11 sampai 12 jam per hari lho.

5. Ciudad del Este, Paraguay

Selanjutnya ada Paraguay yang termasuk negara dengan waktu puasa Ramadan tercepat atau tersingkat. Tepatnya di Kota Ciudad del Este yang durasi puasanya sekira 11–12 jam.

6. Montevideo, Uruguay

Kota dan negara dengan waktu puasa tercepat atau tersingkat berikutnya ada di Uruguay. Tepatnya di Kota Montevideo yang durasi puasanya juga 11–12 jam.

7. Brasilia, Brasil

Kota Brasilia di Brasil menjadi salah satu wilayah dengan waktu puasa tercepat. Namun tidak lebih cepat dari wilayah-wilayah sebelumnya, kaum Muslimin di kota ini harus menjalani puasa 12–13 jam.

8. Harare, Zimbabwe

Sama halnya dengan Brasilia di Brasil, umat Islam di Kota Harare, Zimbabwe, juga harus menjalani ibadah puasa 12–13 jam.

9. Jakarta, Indonesia

Tidak jauh berbeda dengan dua negara sebelumnya, beberapa kota di Indonesia termasuk DKI Jakarta juga memiliki durasi puasa 12–13 jam.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa;

10. Kuala Lumpur, Malaysia

Sama halnya dengan Indonesia, kaum Muslimin di Malaysia juga menjalani durasi puasa yang kurang lebih sama dengan Tanah Air kita yakni 13–14 jam.

11. Singapura

Negara tetangga lainnya yang mempunyai durasi waktu terpendek dalam menjalani ibadah puasa adalah Singapura, yaitu kira-kira 13 hingga 14 jam sehari.

Sumber Tautan: https://muslim.okezone.com/amp/2022/03/31/614/2570731/11-negara-dengan-waktu-puasa-tercepat-indonesia-termasuk?page=2