Komunitas SPP, Lentera Pendidikan Toili Raya - Utustoria Komunitas SPP, Lentera Pendidikan Toili Raya - Utustoria

Komunitas SPP, Lentera Pendidikan Toili Raya

895
Spread the love

Photo: Pemberian Beasiswa Kepada Siswa Berprestasi di SMA 1 Moilong

Utustoria.com, Banggai. Sahabat Peduli Pendidikan (SPP) adalah sebuah komunitas anak muda yang memiliki kesadaran atas betapa pentingnya peran dunia pendidikan terhadap generasi muda. Dalam hal ini, generasi muda dianggap sangat berperan penting dalam menentukan arah Bangsa.

Tidak hanya sekadar hadir sebagai komunitas biasa, SPP juga telah memiliki progam kerja. Sasaran utama dari program kerja komunitas ini adalah memberikan beasiswa prestasi kepada para pelajar di jenjang SMA/SMK/MA Atau sederajat di seputaran Toili Raya.

Untuk pemberian beasiswa, Komunitas SPP memiliki beberapa kriteria yaitu siswa yang berprestasi dengan kategori utama, kemudian anak Yatim, Piatu atau Yatim piatu serta yang kategori keluarga tidak mampu.

Terkait pemberian beasiswa prestasi, komunitas SPP Toili sudah menyalurkan beasiswa di 2 Sekolah menengah Atas (SMA) yaitu, SMAN Tolisu dan SMAN 1 Moilong pada tanggal 11 dan tanggal 20 Januari 2022 secara langsung di sekolah masing – masing.


Setelah dilakukan seleksi, siswa berprestasi dari SMAN Tolisu, diberikan kepada adik Gangga Mahekar Jati, sedangkan untuk siswa dari SMAN 1 Moilong diberikan kepada adik Dhea Nur Vitasari.

Kedua siswa tersebut memiliki prestasi yang luar biasa, selain peringkat kelas yang selalu diraih secara konsisten, masing – masing dari mereka pernah juga mengikuti lomba Kompetensi Sains Nasional tingkat Kabupaten (KSN-K) hingga melaju ke babak selanjutnya yaitu di kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P) di masing – masing Mata Pelajaran yang mereka ikuti.


“Olehnya itu kami dari komunitas memilih memberikan beasiswa kepada mereka berdua ini. Untuk pemilihan sendiri kami dari komunitas menghubungi pihak sekolah dalam hal ini Kepala Sekolah meminta beberapa nama siswa berprestasi untuk kemudian kami pilih melalui Voting di Grup WA.” Terang Zulkifli Salingkat sebagai salasatu inisiator komunitas SPP.

Uniknya, komunitas ini sejak 6 bulan lalu di bentuk, para anggotanya belum Pernah mengadakan pertemuan langsung secara tatap muka untuk menyatukan ide dan gagasan. Semua hal mereka obrolkan secara virtual.

“semua kita komunikasikan hanya lewat Grup yang dibentuk bahkan pemilihan pengurus pun hanya berdasarkan kesepakatan di Grup dan alhamdulilah untuk program pertama ini sudah berjalan sesuai rencana.” Tambah Kifli menjelaskan

Komunitas SPP menggalang Dana untuk beasiswa dengan cara kongsian 10.000 rupiah perbulan dari masing – masing anggota dengan mentransfer ke nomor rekening yamg sudah disepakati.

Untuk pemberian beasiswa komunitas SPP menentukan Setiap 6 bulan sekali yaitu setelah ujian semester ganjil atau genap.

Jumlah Anggota komunitas sebanyak 30 orang dan dari berbagai kalangan atau profesi bahkan ada yg dari luar dataran Toili, di antaranya Batui, Kintom, Luwuk dan bahkan dari Pulau Jawa ada 2 orang. Komunitas ini terbentuk pertama kali di inisiasi oleh Zulkfili Salingkat dan di Ketuai oleh Bagus Alit Wisnawa, S.Sos, M.A.P

“Harapan kami dari komunitas SPP, ini merupakan wujud sumbangsih kecil kami untuk mensupport para generasi muda khususnya pelajar untuk terus berprestasi dan buat yg belum berprestasi agar mau mensupport dirinya agar bisa berprestasi.” Ungkap Alit, sapaan Akrab Ketua Komunitas SPP

“Jika hari ini kami baru bisa memberikan Manfaat beasiswa kepada 2 siswa di 2 SMA Mudah – mudahan kedepannya bisa memberikan beasiswa ke beberapa siswa lagi di banyak sekolah, jika hari ini kami fokus di Toili Raya mudah – mudahan kedepannya bisa melebar di kecamatan lain atau kabupaten lain.” Tutup Alit.