54 Desa Di Kabupaten Bolmut, Terima Piagam Penghargaan Dari Kemendes | Utustoria 54 Desa Di Kabupaten Bolmut, Terima Piagam Penghargaan Dari Kemendes – Utustoria

54 Desa Di Kabupaten Bolmut, Terima Piagam Penghargaan Dari Kemendes

232
Spread the love

Bupati Bolmut, Drs. H. Depri Pontoh saat pimpin Apel Perdana

Utustoria.com,Bolmut.Sebanyak 54 Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menerima penghargaan dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan tersebut, diserahkan secara simbolik oleh Bupati Bolmut, Drs. H. Depri Pontoh saat Apel perdana pasca libut Natal dan Tahun Baru 2021 di Kantor Bupati Bolmut, Senin (04/01/2021).

Penghargaan tersebut diketahui, menyangkut kesuksesan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (Dandes) tahap pertama, sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Dalam penyerahan penghargaan tersebut, bupati menyampaikan terimakasih kepada Desa-desa yang menerima penghargaan dari Kemendes PDTT atas kesuksesan penyaluran BLT sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Bupati menegaskan prioritas penggunaan Dandes diarahkan untuk program pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

“Pagu anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2021 nanti, berjumlah Rp. 37.372.620.100 (tiga puluh miliyar tiga ratus tujuh puluh dua juta enam ratus dua puluh ribu seratus rupiah) dan pagu Dandes berjumlah Rp. 86.362.113.00 ( delapan puluh enam miliyar tiga ratus enam puluh dua juta seratus tiga belas ribu rupiah) dengan prioritas penggunaan dana desa untuk program kegiatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Desa”, ujar Bupati.

Sebagaimana SDGs Desa adalah pembangunan total atas desa, juga merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

“Adapun 54 desa yang mendapat penghargaan tersebut tersebar di 6 kecamatan se-Kabupaten Bolmut, diantaranya:Kecamatan Pinogaluman berjumlah 15 Desa,Kecamatan Kaidipang 11 Desa,Kecamatan Bolangitang Barat 11 Desa,Kecamatan Bolangitang Timur 6 Desa,Kecamatan Bintauna 5 Desa, danKecamatan Sangkub 6 Desa”, terang Bupati.

Lanjutannya, tahun 2021 Kabupaten Bolmut akan menggelar Pemilihan Serentak Kepala Desa. Pemda nantinya akan memberikan bantuan untuk biaya operasional Panitia Pemilihan Kepala Desa (Kades).

“Tahun 2021 ini, Kabupaten Bolmut akan menggelar pemilihan serentak Kepala Desa, Yaitu sebanyak 71 Desa. Pemerintah Daerah nantinya akan memberikan bantuan keuangan untuk panitia pemilihan Kades Nanti” jelas bupati. (SVG)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *