Menteri Kelautan Resmikan Ekspor Perdana Yellowfin Tuna Dari Sulteng Ke Jepang Via Udara - Utustoria Menteri Kelautan Resmikan Ekspor Perdana Yellowfin Tuna Dari Sulteng Ke Jepang Via Udara - Utustoria

Menteri Kelautan Resmikan Ekspor Perdana Yellowfin Tuna Dari Sulteng Ke Jepang Via Udara

751
Spread the love

Photo: Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Dr. Edhy Prabowo meresmikan ekspor tuna

Utustoria.com, Palu. Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Dr. Edhy Prabowo meresmikan ekspor perdana tuna sirip kuning (yellowfin) asal Sulteng menuju negeri sakura Jepang, lewat Bandara Mutiara Sis Aljufri, pada Selasa (09/06/2020) kemarin pagi bertempat di halaman kantor Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Palu.

Meski pandemi Covid-19 belum usai akan tetapi hal itu kata menteri tidak otomatis menurunkan permintaan dunia akan komoditi perikanan Indonesia. Bahkan lanjutnya terus melonjak seperti ditandai lewat ekspor yellowfin tuna segar Sulteng ke Jepang. “Ini bukti seluruh kegiatan perikanan Sulteng bisa kita ekspor seluas-luasnya,”ujar menteri bersemangat.

Terkait ekspor perdana yellowfin tuna, sejauh ini gubernur telah mengusulkan peningkatan status bandara Mutiara Sis Aljufri Palu dari domestik menjadi internasional kepada Bappenas supaya bisa sepenuhnya mendukung aktivitas perdagangan Sulteng ke luar negeri.

“Dengan meningkatkan status tersebut maka bandara Mutiara Sis Aljufri dapat menjadi salah satu alternatif pintu ekspor perikanan Sulawesi Tengah,” pungkasnya atas permulaan pengiriman perdana tuna via bandara kebanggaan masyarakat Sulteng. (Red)