Rekruitmen PPK KPU Banggai Dianggap Tidak Jujur, Adil dan Transparan - Utustoria Rekruitmen PPK KPU Banggai Dianggap Tidak Jujur, Adil dan Transparan - Utustoria

Rekruitmen PPK KPU Banggai Dianggap Tidak Jujur, Adil dan Transparan

459
Spread the love

Photo: Flyer Pengumuman KPU Banggai

Utustoria.com, Banggai – Pengumuman hasil rekruitmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banggai yang dilaksanakan pada 15 Mei 2024 kemarin cukup memunculkan polemik bagi sebagian warga dan juga peserta ujian rekruitmen PPK.

Pasalnya, KPU Banggai dinilai tidak transparan dalam melakukan seleksi PPK. Hal itu diungkap oleh salah satu peserta PPK di wilayah daerah pemilihan (Dapil) 4 Banggai kepada awak media Utustoria.com.

Menurutnya,tahapan seleksi yang awalnya menggunakan sistem CAT online sudah cukup baik dan transparan, namun setelah memasuki tahapan wawancara, proses dan hasil seleksi CAT online rupanya tidak menjadi acuan, karena beberapa peserta yang nilai CATnya tinggi pada akhirnya harus tidak terpilih sebagai PPK pada tahap akhir pengumuman.

Selain itu, KPU Banggai juga tidak menampilkan hasil dan juga total nilai akhir dari seluruh rangkaian tahapan ujian.

“nilainya brp dn total nilai akhirnya juga tdk ada.. tiba2 muncul nama2 yg klu diliat dri rekam jejak kepemiluan blm pernah sebagai pps.” Tulis salah seorang peserta kepada awak media.

Hal tersebut dinilai tidak memenuhi unsur jujur, adil, dan transparan. Peserta lainnya juga turut memberi komentar bahwa dengan proses rekruitmen semacam itu terkesan menjadi lebih subjektif.

“Dalam upaya menegakkan pemilihan umum yang jujur, adil dan transparan, harusnya KPU Banggai turut berlaku adil, jujur dan transparan dalam rekruitmen tenaga penyelenggara.” Ungkap salah seorang mantan PPK yang juga tidak ingin disebutkan namanya.

Sementara itu, Ketua KPU Banggai, Santo Gotia saat dikonfirmasi dirinya memberikan tanggapan singkat, bahwa sejauh ini tidak ada warga yang mengadu pada pihak mereka. “Tdk ada laporan ke kami” Tulisnya singkat. Ketika ditanya tanggapan lainnya terkait aduan yang muncul terhadap media ini, Santo Gotia belum memberikan jawaban hingga berita ini diterbitkan. (Red)