Mahfud Paling Kuasai Permasalahan Saat Debat Cawapres - Utustoria Mahfud Paling Kuasai Permasalahan Saat Debat Cawapres - Utustoria

Mahfud Paling Kuasai Permasalahan Saat Debat Cawapres

193
Spread the love

Photo: Ketiga Cawapres RI 2024

Utustoria.com, Jakarta – 24 Desember 2023. Debat Calon Wakil Presiden (cawapres) yang digelar di Jakarta Convention Center pada Jumat 22 Desember 2023 menjadi momentum penting bagi pemilih. Sebab, dari debat tersebut pemilih dapat terbantu untuk menentukan pilihannya pada Pilpres 14 Februari mendatang. Litbang Kompas melakukan jajak pendapat pada sejumlah responden terkait tanggapan atas debat cawapres yang telah berlangsung. Hasilnya, skor rata-rata untuk Muhaimin Iskandar 7,3, Gibran Rakabuming Raka 7,2, dan Mahfud MD 7,5.

Photo: Hasil Jajak Pendapat atas Debat Cawapres 22 Desember 2023 oleh Litbang Kompas

Pada jajak pendapat debat cawapres yang dilakukan Litbang Kompas, responden diminta untuk menilai tiga hal yakni (1) cara menjawab, (2) penguasaan masalah, dan (3) penampilan. Menurut Edi Sutrisno, Juru bicara TPN Ganjar Mahfud 072, meskipun skor diantara ketiga Cawapres berbeda tipis, namun rakyat menilai bahwa Mahfud adalah yang terbaik pada debat cawapres jumat lalu, baik dalam menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas, serta dalam menguasai permasalahan yang didiskusikan. 

Edi mencontohkan ketika Mahfud menjawab pertanyaan panelis mengenai strategi paslon untuk mengoptimalkan pemanfaatan 25 perjanjian perdagangan bebas guna meningkatkan ekspor dan memperkecil defisit neraca perdagangan. Ada tiga strategi paslon yang disampaikan oleh Mahfud dalam merespon pertanyaan panelis. Pertama, mengutamakan diplomasi ekonomi dimana para duta besar Indonesia adalah duta ekonomi. Kedua, mengintegrasikan perdagangan nasional dengan perdagangan global, sehingga produk di dalam negeri dapat memenuhi standar global. Ketiga, mengutamakan penguatan ketahanan ekonomi nasional agar bisa tumbuh ke dalam melalui pengembangan dan kualitas produk. 

Edi menambahkan bahwa penguatan ketahanan ekonomi nasional yang disampaikan Mahfud didalamnya mencakup hilirisasi dan industrialisasi sumberdaya alam baik di sektor pertambangan, pertanian, perikanan dan agroindustri yang dikelola secara berkelanjutan. “Tiga hal yang dipastikan oleh Ganjar Mahfud dalam hilirisasi dan industrialisasi adalah menciptakan lapangan pekerjaan, peningkatan nilai tambah, dan perbaikan tata kelola. Pasangan Ganjar Mahfud juga akan melakukan peningkatan produksi pangan menuju kedaulatan pangan berbasis kekuatan produktif petani nasional dengan dukungan modernisasi termasuk kelembagaan pertanian dan digitalisasi pertanian. Penegakan hukum secara tegas dan konsisten serta pemenuhan standar global juga akan dilakukan guna memastikan terwujudnya ekosistem perekonomian berkelanjutan dan memastikan produksi tidak ugal-ugalan, tetap memperhatikan lingkungan, yang pada akhirnya produk diterima oleh pasar,” ungkap Edi. (Red)