Disengat Pari, Nelayan Ini Dievakuasi Oleh Tim SAR di Perairan Pulau Bakakan - Utustoria Disengat Pari, Nelayan Ini Dievakuasi Oleh Tim SAR di Perairan Pulau Bakakan - Utustoria

Disengat Pari, Nelayan Ini Dievakuasi Oleh Tim SAR di Perairan Pulau Bakakan

258
Spread the love

Photo: Tim SAR Evakuasi Korban Sengatan Pari

Utustoria.com, Balut – Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu melalui Unit Siaga SAR Banggai Laut menerima laporan perihal kondisi membahayakan jiwa manusia 1 (satu) orang pemanah ikan yang tersengat ikan pari dan membutuhkan evakuasi medis di perairan Pulau Bakakan, Kec. Banggai, Kab. Banggai Laut pada Kamis (16/11/2023). Indentitas korban bernama Reno (16 thn).

“Pada pukul 04.05 wita kami mendapatkan laporan dari Bapak Abdul Fikri, RT. desa Dodung bahwa 4 orang warga desa Dodung yang sedang memanah ikan di Pulau Bakakan mengalami kondisi yang membahayakan yaitu satu dari empat orang tersebut tersengat ikan pari dan membutuhkan evakuasi medis. Rekan-rekan korban berusaha mengevakuasi korban namun perahu yang ditumpangi oleh mereka hanyut karena cuaca disekitar lokasi tidak bersahabat. Setelah informasinya diterima personil Unit Siaga SAR Banggai laut yang berjumlah 4 orang langsung diberangkatkan dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB),” terang Andrias Hendrik Johannes.

Setibanya dilokasi kejadian tim rescue langsung melakukan proses evakuasi korban dengan memberikan pertolongan pertama terhadap korban yang mengalami cedera. Selanjutnya seluruh korban dievakuasi ke atas Rigid Inflatable Boat (RIB) dan bertolak ke Pelabuhan Banggai Laut. Korban yang terluka dievakuasi ke RSUD Banggai Laut dengan menggunakan Rescue Car.

Sementara itu, Koordinator Unit Siaga SAR Banggai Laut, Erdiansyah mengatakan sempat terkendala karena cuaca di lokasi tidak bersahabat. “Alhamdulillah korban berhasil dievakuasi walaupun tadi kami terkendala cuaca buruk di lokasi dan saat ini korban sudah berada di Rumah Sakit Banggai Laut untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” ujarnya.