Aduan Siti Marwiah Ditanggapi Komnas Perempuan - Utustoria Aduan Siti Marwiah Ditanggapi Komnas Perempuan - Utustoria

Aduan Siti Marwiah Ditanggapi Komnas Perempuan

225
Spread the love

Photo: Siti Marwiah

Utustoria.com, Banggai – Komisi Nasional (Komnas) Perempuan akhirnya menanggapi surat aduan yang dimasukkan Siti Marwiah, Jumat 25 Agustus 2023.

Siti Marwiah mengajukan surat aduan ke Komnas Perempuan terkait kasus nikah siri yang dilakukan suaminya, Sukri Djalumang yang merupakan aleg DPRD Banggai.

Aduan ke Komnas Perempuan itu disampaikan sebelumnya Siti Marwiah, guna mendapat pendampingan dalam kasus yang tengah dihadapinya.

Dan Komnas Perempuan akhirnya merespon aduan yang diterima dari Siti Marwiah.

Dalam keterangan Acnestasya selaku Unit Pengaduan untuk Rujukan (UPR) Komnas Perempuan, dikatakan sehubungan dengan pengaduan yang disampaikan itu, Komnas Perempuan ingin memberitahukan bahwa pengaduan tersebut sudah selesai didokumentasikan.

Bahwa Komnas Perempuan juga sudah teruskan kepada Tim Verifikasi dan Tim Penyikapan untuk seterusnya akan dibahas dalam Case Conference untuk mendapatkan penyikapan yang dibutuhkan.

Dalam keterangan Acnestasya sebelumnya, dikatakan juga sesuai mandatnya, Komnas Perempuan tidak mendampingi kasus secara langsung.

Kasus yang masuk akan dirujuk ke lembaga mitra rujukan sesuai dengan domisili dan kebutuhan korban.

Dengan diresponnya aduan itu dari Komnas Perempuan, Siti Marwiah mengaku sedikitnya bisa terbantu.

“Dalam hal yang saya alami ini, hampir tidak ada yang membantu. Aduan ke BK DPRD Banggai, ke Polres Banggai, itu terkesan tak ada tindak lanjut.

“Begitu pula aduan yang juga telah saya layangkan ke pimpinan parpol Nasdem Surya Paloh, partai tempat bernaung suami saya. Belum ada tanggapan hingga saat ini.

“Sehingganya dengan respon dari Komnas Perempuan, saya sangat berharap keadilan bisa saya dapatkan,” tutur Siti Marwiah.

Kasus nikah siri aleg DPRD Banggai Sukri Djalumang yang dilaporkan istrinya sendiri, Siti Marwiah, beberapa waktu lalu, membuat publik di Luwuk Banggai heboh.

Kehebohan itu semakin besar ketika Siti Marwiah sempat mengamuk di DPRD Banggai, saat rapat paripurna.

Tak hanya mengadu ke BK DPRD Banggai, Siti Marwiah juga mengadu ke Polres Banggai untuk kasus perzinahan dan penelantaran.

Bahkan aduan juga dilayangkannya kepada pimpinan Partai Nasdem, dari tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga Pusat atau kepada Surya Paloh.

Di tengah upaya Siti Marwiah mencari keadilan untuk kasus rumah tangganya, suaminya kemudian layangkan gugatan cerai di Pengadilan Agama Luwuk, dan saat ini masih tengah berproses. (Red)