Proyek Gentong Babi, Bentuk Politik yang Terus Terjadi - Utustoria Proyek Gentong Babi, Bentuk Politik yang Terus Terjadi - Utustoria

Proyek Gentong Babi, Bentuk Politik yang Terus Terjadi

650
Spread the love

Photo: Supriadi Lawani

Utustoria.com, Banggai – Salasatu bentuk politik uang adalah apa yang diistilahkan sebagai  Proyek Gentong Babi (pork barrel projects).

Proyek Gentong Babi dapat didefinisikan sebagai proyek-proyek pemerintah yang ditujukan untuk wilayah atau daerah tertentu. demikian dijelaskan Supriadi Lawani dari PAHAM Banggai.

Kegiatan atau proyek tersebut ditujukan kepada publik atau kepada rakyat dan didanai dengan dana publik atau dana rakyat yang bersumber dari APBN atau APBD.

“kita tahu bersama bahwa APBN ataupun APBD ini kan ditetapkan secara bersama antara pemerintah dan DPR namun ironisnya diklaim sebagai proyek dari politisi tertentu atau calon tertentu dengan tujuan agar pemilih mau memilih nya dalam pemilu” demikian dikatakan aktifis yang sering disapa Budi.
Budi mengatakan bahwa banyak politisi yang melakukan ini dan dengan bangganya memamerkannya di media sosial.

“Bagi saya ini sangat berbahaya karena selain sebagai bentuk politik uang kegiatan ini juga adalah pembohongan kepada rakyat atau pemilih” jelasnya. (Red)


TAG