Kembangkan Pertanian Organik, Kelompok Tani Binaan JOB Tomori Jadi Sasaran Studi Tiru - Utustoria Kembangkan Pertanian Organik, Kelompok Tani Binaan JOB Tomori Jadi Sasaran Studi Tiru - Utustoria

Kembangkan Pertanian Organik, Kelompok Tani Binaan JOB Tomori Jadi Sasaran Studi Tiru

396
Spread the love

Photo: Dinas TPHT Sulteng Studi Tiru Pada Poktan Organik Sumber Tani Lestasi Binaan JOB Tomori (Sumber: Media Relation JOB)

“Terima kasih kepada Pemda Banggai dan teristimewa kepada JOB Tomori yang selama ini telah bersama-sama dengan warga Desa Sumberharjo dengan penuh kesabaran, membina petani untuk mengembangkan pertanian organik.” Ujar Baron sapaan akrabnya.

Utustoria.com, Banggai – Kelompok tani binaan JOB Pertamina Medco E&P (JOB Tomori) menjadi sasaran dari kegiatan Studi Tiru yang dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPHT) Provinsi Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Banggai. Dalam hal ini adalah kelompok tani organik Sumber Tani Lestari dari Desa Sumberharjo, Kecamatan Moilong, yang merupakan kelompok tani binaan JOB Tomori, pada Kamis-Jumat (10 -11/5/2023).

Studi Tiru pertanian organic ini kata Nuzulisna SP, Sekretaris Dinas TPHP Kabupaten Banggai saat pembukaan kegiatan di Balai Desa Sumberharjo, bertujuan untuk menambah nilai tambah dan daya saing pelaku usaha pertanian organik di Sulawesi Tengah melalui mekanisme sistem jaminan mutu sesuai SNI 6729:2016 organik, yang dikeluarkan lembaga yang berkompeten, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun 2000 tentang standardisasi nasional dan Permentan nomor 170 tentang pelaksanaan standar Nasional di sektor pertanian, dimana Poktan Tani Lestari Desa Sumberharjo telah memenuhi standard tersebut, sehingga menjadi tujuan utama studi tiru.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada management JOB Tomori yang selama ini bekerja sama dengan Pemda Banggai melalui Dinas TPHP Kabupaten Banggai dalam mengembangkan pertanian organik di daerah ini, sehingga diharapkan ke depan pihak JOB Tomori semakin mengembangkan luasan pertanian organik, karena saat ini dari 25 ribu hektar luas lahan pertanian Kabupaten Banggai, intervensi poktan binaan JOB Tomori yang telah mengembangkan pertanian organik baru 28 hektar,” sebut Nuzulisma.

Begitu pula harapan Supriyono, S.SM, Kasubag Perencanaan Keuangan dan Evaluasi yang mewakili Camat Moilong. Ia menyampaikan apresiasi atas komitmen JOB Tomori mengembangkan pertanian organic di Kecamatan Moilong, namun kedepan diharapkan agar pertanian organik tersebut lebih diperluas lagi bersama-sama dengan program pemda.

Giat Studi Tiru tersebut, diikuti 16 orang perwakilan kelompok tani yang berasal dari Kota Palu 2 orang, Kabupaten Sigi 2 orang, Kabupaten Donggala 2 Orang, Kabupaten Parigi Moutong 2 orang, Kabupaten Banggai 4 orang, Kabupaten Morowali Utara 2 orang, Kabupaten Morowali 2 orang, serta 9 orang pendamping dari masing-masing wilayah.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Sumberharjo, Baron Hermanto, juga menyampaikan rasa syukur dan penuh gembira karena kelompok tani di desanya terpilih menjadi sasaran Studi Tiru dari Dinas TPHT Sulteng bersama perwakilan poktan dari 7 kabupaten se-Sulteng.

“Kami sangat bersyukur dan menyambut gembira seluruh peserta studi tiru. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Pemda Banggai dan teristimewa kepada JOB Tomori yang selama ini telah bersama-sama dengan warga Desa Sumberharjo dengan penuh kesabaran, membina petani untuk mengembangkan pertanian organik,” ujar Baron sapaan akrabnya.

Rangkaian studi tiru tersebut diawali dengan pemaparan materi yang disampaikan Hendra Yarno Saadjad, SP dari Dinas TPHP Kab Banggai dan Ir. Retno Erningtyas, MP dari Dinas TPHT Sulteng. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan melihat langsung kondisi lahan sawah organik, sekaligus melihat secara langsung lokasi penangkaran burung Tyto Alba yang dikembangkan sebagai pembasmi hama tikus. Di hari berikutnya, kegiatan dilanjutkan dengan praktik bersama cara pembuatan pupuk organic.

Terpisah, Relation Security & ComDev Manager JOB Tomori, Wisnu Cekti Bhawono, juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai dan Pemerintah Provinsi Sulteng yang telah melakukan giat studi tiru pada kelompok tani binaan JOB Tomori. “Semoga kerja sama yang baik antara JOB Tomori dengan Pemda Banggai dan Pemprov Sulteng terus terjalin baik, sehingga semakin banyak manfaat positif yang dapat dirasakan masyarakat,” pungkasnya. (Red/Adv)