Bantai Touna 64 - 28, Tim Basket Banggai Pastikan Lolos Semi Final Porprov Sulteng 2022  - Utustoria Bantai Touna 64 - 28, Tim Basket Banggai Pastikan Lolos Semi Final Porprov Sulteng 2022  - Utustoria

Bantai Touna 64 – 28, Tim Basket Banggai Pastikan Lolos Semi Final Porprov Sulteng 2022 

477
Spread the love

Photo: Pertandingan bola basket putra Kabupaten Banggai VS Tojo Una-Una (Sumber:Abdy Gunawan)

Utustoria.com, Banggai. Tim Basket Putra Kabupaten Banggai memastikan diri lolos ke semifinal, usai membantai Tojo Una-Una (Touna) dengan skor 64 – 28 semalam, Minggu (11/12/22), di Lapangan Basket Gelora, Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk.

Dari informasi yang dihimpun pewarta, kemenangan tersebut merupakan yang ke dua kali, setelah sebelumnya tim tuan rumah mengalahkan Poso dengan skor 68-52. 

“Sudah pasti masuk semifinal, karena dari 3 pertandingan, 2 kita menang, semoga saat lawan morut hasilnya bisa sama,” sebut Asisten Pelatih Tim Basket Putra Banggai, Budiman. 

Tim asuhan Marco Tetelepta dan Afandi Junior Garcia itu, mendapat poin tertinggi di pool A, dimana saat nanti bertanding di semifinal, akan berhadapan dengan juara pool B. 

“Di pool B ada Kota Palu, Sigi, Parigi Moutong dan Morowali, nanti kami akan melawan tim yang lolos dari pool tersebut,” tambah Budiman. 

Para punggawa tim yang dengan gemilang berhasil meloloskan Banggai ke semifinal cabang olahraga (cabor) bola basket terdiri dari atlet-atlet muda yang berusia dibawah 21 tahun. 

“50% pelajar, sisanya sudah lulus SMA,” jelas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Muhammadiyah Luwuk itu. 

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Banggai, Budi menambahkan, telah mengadakan seleksi di bulan Agustus lalu, kemudian latihan intens, mulai dari ketahanan fisik, mental, skill hingga strategi telah dilakukan untuk meraih emas pada Porprov kali ini. 

“Latihannya 3 kali seminggu, jadi tidak mengganggu waktu belajar adik-adik atlet di sekolah,” ungkapnya. 

Adapun atlet yang akan mengharumkan nama Banggai di cabor basket Porprov Ke-9 adalah, Given Matulage Luis Ponglaba, Wawan Yunan, Fatiryasin Fernando Goliat, Paskah Lorenzo, Bintang Ramadhan, Cristiago juniada, Marcel Poguman, Jeaven Bolang, Michael juniardi dan Luis Ponglaba sebagai kapten tim.

“Selain putra, tim putri kami juga dipastikan lolos ke semifinal, kalau yang 3 on 3, belum bisa dipastikan karena sudah kalah 1 kali,” kata Budiman di akhir wawancara. (abdy)