Sukamaju - Swakarsa Putus, Logistik Pangan Terancam! - Utustoria Sukamaju - Swakarsa Putus, Logistik Pangan Terancam! - Utustoria

Sukamaju – Swakarsa Putus, Logistik Pangan Terancam!

518
Spread the love

Photo: Akses Jalan Terendam Banjir (Joni Tosepu)

Utustoria.com, Banggai. Curah hujan yang terus berlanjut mengakibatkan sejumlah wilayah di dataran Toili tergenang banjir. Selain ratusan rumah yang terendam arus air, banjir juga memutuskan akses jalan utama desa Arga Kencana arah Swakarsa dan Jalan utama Desa Sukamaju.

Minimnya mitigasi bencana mengakibatkan sejumlah warga terdampak banjir di kedua Desa tersebut tidak dapat melakukan pekerjaan kesehariannya. Tidak hanya itu, hampir keseluruhan warga yang bermukim di wilayah Swakarsa, Arga kencana tidak dapat mengakses logistik/berbelanja ke pasar yang letaknya ada di Mulyoharjo (Unit 2).

Akibatnya, sejak pagi tadi warga mulai mengeluhkan kehabisan bahan pokok makanan. Warga juga berharap agar pemerintah segera mengambil tindakan yang dapat memberi solusi atas situasi sulit yang sedang di hadapi ini.

Situasi yang sama juga terjadi di Desa Sukamaju. Warga tidak dapat melakukan aktivitas dan hanya berdiam diri di rumah.
Dari hasil pantauan media ini, dihimbau agar tenaga kesehatan segera berjaga – jaga, karena selain kesusahan akses pangan penyakit juga menjadi ancaman saat banjir, seperti muntaber, hipotermia (penurunan suhu tubuh di bawah 35 derajat Celcius), demam berdarah, tifus, penyakit kulit, demam, dan Hepatitis A. (red)