PT Pertamina EP DMF Raih Penghargaan Bintang Empat pada Ajang TOP CSR Awards 2022 - Utustoria PT Pertamina EP DMF Raih Penghargaan Bintang Empat pada Ajang TOP CSR Awards 2022 - Utustoria

PT Pertamina EP DMF Raih Penghargaan Bintang Empat pada Ajang TOP CSR Awards 2022

782
Spread the love

Photo: Peraih Penghargaan TOP CSR Awards 2022

Utustoria.com, Jakarta. Sebagai salah satu perusahaan migas yang beroperasi di Kabupaten Banggai, PT Pertamina EP Donggi Matindok Field yang tergabung dalam Regional Indonesia Timur Subholding Upstream berhasil raih Penghargaan TOP CSR Bintang Empat dalam ajang TOP CSR Awards 2022, Rabu (30/3).

Kinerja apik Pertamina EP Donggi Matindok Field dalam memproduksi minyak dan gas bumi (migas) sudah terbukti berkontribusi pada ketahanan energi nasional. Tidak hanya sukses dalam menjalankan aktivitas operasi hulu migas, Pertamina EP Donggi Matinndok Field juga sukses dalam menjalankan program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan telah diraihnya berbagai penghargaan dibidang pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR), salah satunya penghargaan TOP CSR Awards 2022.

Penganugerahan penghargaan Bintang Empat dari lima kategori bintang, menunjukkan bahwa program-program CSR Pertamina EP Donggi Matindok Field dinilai telah berada di level sangat baik terkait keselarasan CSR dengan strategi bisnis perusahaan dengan inisiatif CSR yang mengadopsi CSV (Creating Share Value) dan ISO 26000 SR serta mendukung strategi bisnis perusahaan, baik selama masa pandemi Covid-19 maupun untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Field Manager Donggi Matindok, Abidzar Akman menjelaskan bahwa Pertamina EP Donggi Matindok Field memiliki banyak inisiatif program CSR yang mengadopsi prinsip CSV atau Berbagi Manfaat Bersama dan ISO 26000 SR. Program-program ini didesain dalam rangka mendukung strategi bisnis berkelanjutan.

“Managemen menaruh perhatian serius terhadap pelaksanaan CSR yang dilaksanakan perusahaan dengan menerapkan Pedoman Tata Kelola Organisasi ‘Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) No: B.13-006/PPC01110/2021-S9 Rev-01’ yang mengacu pada ISO 26000. Program tanggung jawab sosial yang kami selenggarakan selalu didesain dengan prinsip CSV, selain itu kami juga terus berinovasi untuk menciptakan sinergitas dan sirkularitas manfaat dalam pelaksanaan program-program CSR”, pungkasnya.

Beberapa program CSR unggulan Pertamina EP Donggi Matindok Field diantaranya Pertamina SEHATI (Sehat Anak dan Ibu Tercinta) yang mendukung dalam peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak, Program Oli Rante (Olahan Ikan dengan Menerapkan Konsep Zero Waste) yang telah berhasil melakukan pengelolaan ikan berbasis nir limbah, Proper KWAT (Produktifkan Pekarangan Bersama Kelompok Wanita Tani) yang mendorong peningkatan produktifitas lahan pekarangan, serta inovasi pemanfaatan produk samping sulfur menjadi Bio sulfur fertilizer yang bermanfaat bagi tanaman.

Selain penghargaan bintang empat TOP CSR Awards 2022 yang diberikan kepada Pertamina EP Donggi Matindok Field, ajang tersebut juga menganugerahkan Imam Nur Akbar, General Manager Zona 13 sebagai salah satu TOP Leader on CSR Commitment 2022.
Penghargaan TOP Leader CSR on Commitment 2022 diberikan kepada pemimpin tertinggi di perusahaan yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan.

Ditempat terpisah, Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2022 yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, M Lutfi Handayani turut menjelaskan, ajang penghargaan yang mengusung tema The Responsible Company is a Key Strategy for Sustainable Business Growth digelar untuk mendorong peningkatan efektivitas dan kualitas program CSR perusahaan-perusahaan di Indonesia. (Red/Adv)