ASEAN Para Games 2022 Segera di Gelar, Berikut Jadwalnya - Utustoria ASEAN Para Games 2022 Segera di Gelar, Berikut Jadwalnya - Utustoria

ASEAN Para Games 2022 Segera di Gelar, Berikut Jadwalnya

456
Spread the love
Presiden Jokowi Pimpin Rapat Persiapan ASEAN Para Games 2022 (Foto : Doc. Sekretariat Kepresidenan)

Utustoria.com, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Persiapan ASEAN Para Games 2022, Selasa (22/03/2022), di Istana Merdeka, Jakarta.

“Setelah kami menyampaikan tentang kesiapan dan juga penunjukan kepada Indonesia sebagai tuan rumah, akhirnya dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden tadi telah diputuskan kita siap bersedia untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali didampingi oleh Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Senny Marbun dalam keterangan pers usai Ratas.

Menpora mengungkapkan, Vietnam yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai tuan rumah SEA Games 2022 dan ASEAN Para Games 2022 hanya sanggup melaksanakan SEA Games. Oleh karena itu, kesempatan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 pun ditawarkan kepada negara ASEAN lainnya.

“Vietnam hanya sanggup melaksanakan SEA Games, namun untuk ASEAN Para Games mereka tidak sanggup sehingga diberi kesempatan kepada negara-negara ASEAN untuk mengajukan diri. Dan kita, NPC, Pak Senny Marbun dan teman-teman menyampaikan kesiapan kita dan itu yang kita laporkan kepada Bapak Presiden,” ungkapnya.

Zainudin menyampaikan, ASEAN Para Games 2022 rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2022 dengan lokasi penyelenggaraan di beberapa kota di Jawa Tengah. Dipilihnya Jawa Tengah karena di provinsi tersebut terdapat pemusatan latihan atlet paralimpiade, yaitu di Surakarta dan sekitarnya. Selain itu juga terdapat Rumah Sakit (RS) Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, dan juga Universitas Sebelas Maret (UNS) yang mendukung sport science.

“Di sana itu ada rumah sakit namanya Rumah Sakit Dokter Soeharso, itu kita tahu fungsi dari rumah sakit itu. Di samping itu, juga di sana ada UNS yang sangat memberikan dukungan dan back up, khususnya untuk sport science. Jadi memang tempatnya di sana, sehingga juga disepakati oleh negara-negara ASEAN, Indonesia dan kemudian sudah tertuju ke Jawa Tengah, yakni Surakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Dengan pengalamannya yang dimiliki, Menpora meyakini di dalam jangka waktu yang singkat ini Indonesia mampu menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games.