Kalian Jurusan IPS? Berikut 3 Sekolah Kedinasan Bebas Biaya Kuliah dan Bisa Langsung Jadi CPNS - Utustoria Kalian Jurusan IPS? Berikut 3 Sekolah Kedinasan Bebas Biaya Kuliah dan Bisa Langsung Jadi CPNS - Utustoria

Kalian Jurusan IPS? Berikut 3 Sekolah Kedinasan Bebas Biaya Kuliah dan Bisa Langsung Jadi CPNS

829
Spread the love
PKN STAN, salah satu sekolah kedinasan untuk lulusan jurusan IPS. (Sumber : Pinterest)

utustoria.com, Sebagian siswa dengan jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) mungkin kebingungan dalam memilih sekolah kedinasan yang sejalur.

Meskipun demikian, sejumlah instansi ini membuka pendaftaran bagi siswa lulusan IPS.

Sekolah kedinasan ini sendiri yakni perguruan tinggi yang berbentuk ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan.

Yang nantinya lulusan sekolah kedinasan biasanya diarahkan untuk menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) usai menamatkan studinya.

Selama menempuh pendidikan di sekolah ikatan dinas ini, mahasiswa juga akan dibebaskan dari biaya kuliah.

Berikut Rekomendasi sekolah kedinasan yang cocok untuk lulusan IPS adalah sebagai berikut:

1. Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN)

PKN STAN membuka penerimaan taruna baru yang berasal dari jurusan IPA dan IPS. Melansir laman PKN STAN, sekolah kedinasan ini membuka 9 program studi.

Adapun prodi yang dimaksud adalah D4 Akuntansi Sektor Publik, D4 Manajemen Keuangan Negara, D4 Manajemen Aset Publik, D3 Akuntansi, D3 Pajak, D3 PBB/Penilai, D3 Kepabeanan dan Cukai, D3 Kebendaharaan Negara, dan D3 Manajemen Aset.

Pada tahun ini, Nilai UTBK SBMPTN 2022 Memjadi syarat dalam seleksi masuk PKN STAN 2022.

Hal ini diungkap oleh Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Budi Prasetyo Widyobroto.

2. Politeknik Keimigrasian dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekim dan Poltekip)

Poltekim dan Poltekip merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah Kemenkumham.

Sekolah kedinasan ini juga membuka kesempatan bagi siswa lulusan IPS.

Lulusan Poltekim dan Poltekim ini nantinya diarahkan untuk bekerja di bawah Direktorat Jenderal Imigrasi dan ditempatkan dalam Jabatan Analis Keimigrasian. Sementara lulusan Poltekip akan ditempatkan di jajaran Ditjen Pemasyarakatan.

Berdasarkan surat Pengumuman Nomor: SEK-KP.02.04-2, tersedia empat formasi yakni formasi umum, putra/putri Papua/Papua Barat, pegawai, dan pegawai putra/putri Papua/Papua Barat.

Pada tahun lalu, Poltekim dan Poltekim menyediakan masing-masing 300 kuota bagi calon taruna/taruni.

3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Selanjutnya, sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kemendagri yakni, IPDN. Pada tahun 2021, kedinasan ini menyediakan kuota sebanyak 1.164 calon praja.

Sekolah yang terletak di Sumedang, Jawa Barat ini juga membuka peluang bagi siswa IPS dengan rata-rata ijazah minimal 70 untuk nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah. Sedangkan untuk Provinsi Papua dan Papua Barat nilai rata-rata minimal sebesar 65.

Sedikit informasi, ada sejumlah instansi yang aktif membuka pendaftaran pada tahun sebelumnya. Setidaknya ada sembilan instansi yang membuka seleksi pendaftaran mahasiswa baru.

Kesembilan instansi tersebut di antaranya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), BIN (Badan Intelijen Negara), BPS (Badan Pusat Statistik), BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) dan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara). **

Sumber : Detik.com