13 Oktober Hari Tanpa Kutang, Sejarah Dan Faktanya; - Utustoria 13 Oktober Hari Tanpa Kutang, Sejarah Dan Faktanya; - Utustoria

13 Oktober Hari Tanpa Kutang, Sejarah Dan Faktanya;

728
Spread the love

Photo: Ilustrasi Tanpa Bra

Penulis: Dipna Videlia Putsanra

Utustoria.com – No Bra Day atau Hari Tanpa Bra 2021 diperingati tanggal 13 Oktober setiap tahun. Hari Tanpa Bra juga bersamaan dengan Bulan Peduli Kanker Payudara untuk pria dan wanita agar belajar tentang kesehatan payudara.

Bulan ini membantu mengingatkan orang bahwa kanker payudara adalah penyakit yang berpotensi fatal, tetapi juga salah satu bentuk kanker yang paling dapat dicegah. Hari Tanpa Bra dibuat untuk belajar mengenali tanda-tanda peringatan dini kanker payudara.

Dilansir National Today, sejarah No Bra Day dapat ditelusuri kembali ke dua hari penting yaitu 9 Juli 2011 dan 19 Oktober 2011. Awalnya No Bra Day 19 Oktober hanya dilakukan di Toronto, Kanada dan diberi nama Hari BRA (Breast Reconstruction — An Event of Learning and Sharing) oleh Dr. Mitchell Brown.

Hari BRA diperingati untuk meningkatkan kesadaran bagi wanita yang menjalani mastektomi dan mendorong pemeriksaan diri.

Pada bulan Juli tahun yang sama, seseorang yang menggunakan nama samaran Anastasia Donuts menyusun Hari Tanpa Bra untuk meningkatkan kesadaran kanker payudara, bersama dengan situs web untuk membantu mempromosikan peringatan tersebut.

Tiga tahun kemudian, dua hari itu digabungkan dan diundur menjadi 13 Oktober untuk diperingati dalam Bulan Peduli Kanker Payudara Nasional.

No Bra Day juga dibuat untuk mendorong penggalangan dana membantu penelitian soal kanker payudara. Satu dari 8 wanita menderita kanker payudara dalam hidup mereka dan harus berjuang melawan penyakit yang, paling buruk, bisa mematikan.

Kanker payudara juga memengaruhi pandangan wanita tentang dirinya sendiri, kemampuannya untuk menyusui, dan dapat mengakibatkan operasi yang mencakup mastektomi. Kanker payudara dapat menyebabkan masalah citra diri dan depresi.

Jadi apa kaitan kanker payudara dan Hari Tanpa Bra? Wanita yang telah berjuang melawan kanker payudara sering kali harus memakai prostesis untuk menggantikan payudara yang telah diangkat, dan akibatnya tidak dapat pergi tanpa bra.

Dengan ikut memperingati hari tanpa bra, Anda dapat meningkatkan kesadaran dan membantu mencegah wanita lain mengalami hal ini.

Cara Memperingati No Bra Day 2021

Merayakan Hari Tanpa Bra sebetulnya sangat mudah, Anda tidak perlu memakai bra pada hari itu. Namun, jika hal itu dulit, maka ada beberapa pilihan lain, seperti dilansir Days of The Year berikut ini.

1. Pergi ke Dokter

Pergilah ke dokter dan jadwalkan pemeriksaan payudara, sebab mengungkap gejala awal kanker payudara tidaklah sulit, dan jika Anda melakukannya, Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk sembuh tanpa bekas luka.

2. Share di Media Sosial

Ada sejumlah cara lain untuk merayakan Hari Tanpa Bra juga. Pasti akan membantu jika Anda meningkatkan kesadaran tentang kondisi tersebut. Akan ada banyak infografis dan konten informatif yang beredar secara online, jadi pastikan untuk membagikannya dengan teman, pengikut, dan anggota keluarga Anda.

Anda juga dapat berbagi cerita tentang survivor kanker payudara, serta berbagi informasi tentang kerja keras yang dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia dalam memerangi kanker.

3. Penggalangan Dana

Ide lain untuk Hari Tanpa Bra adalah menggalang dana. Ada banyak badan amal kanker di luar sana. Anda bisa membentuk penggalangan dana sendiri atau ikut serta dalam penggalangan yang sudah ada. (Dip/Dip/Tirto.id)

Artikel ini sebelumnya sudah tayang di Tirto.id dengan Link Berikut: https://amp.tirto.id/no-bra-day-13-oktober-2021-sejarah-hari-tanpa-bra-cara-peringati-gkk3


TAG