Tingkatkan Pengetahuan Penanganan Kebencanaan, Pramuka Kwarcab Banggai Gelar Orientasi Satgas Peduli Bencana | Utustoria Tingkatkan Pengetahuan Penanganan Kebencanaan, Pramuka Kwarcab Banggai Gelar Orientasi Satgas Peduli Bencana – Utustoria

Tingkatkan Pengetahuan Penanganan Kebencanaan, Pramuka Kwarcab Banggai Gelar Orientasi Satgas Peduli Bencana

236
Spread the love

Photo: Pramuka Kwarcab Banggai Gelar Orientasi Satgas Peduli Bencana

Utustoria.com, Banggai. Sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan kader pramuka yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Bencana Alam, maka Pramuka Kwarcab Kabupaten Banggai menggelar orientasi selama dua hari yang mulai dibuka pada Sabtu (31/10/2020) sampai Minggu (1/11/2020), di halaman SMK Komputer, kawasan Bukit Halimun, Kelurahan Maahas, Kecamatan Luwuk Selatan.

Orientasi tersebut kata Ramlan Labay, selaku Ketua Panitia kegiatan, merupakan angkatan pertama diikuti oleh 100 orang peserta yang merupakan hasil seleksi dari anggota pramuka penegak yang tersebar di Kwartir Ranting Kecamatan se-Kabupaten Banggai dan bertujuan meningkatkan pengetahuan dasar kebencanaan, teknis pramuka peduli penanggulangan bencana dan simulasi kesiap siagaan bencana serta praktek vertical rescue dasar.

“Selain menggelar orientasi pramuka peduli penanggulangan bencana, kegiatan kali ini juga di rangkaikan dengan pembibitan 500 pohon buah-buahan yang nantinya akan di tanam di halaman SMK Komputer dan di beberapa tempat lainnya, bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Banggai,” ujar Ramlan.

Helatan Kepanduan tersebut di buka secara resmi oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum, Kwarcab Banggai, Kamaludin Djano. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kwarcab Banggai merupakan satu dari tiga kwarcap di Sulawesi Tengah yang telah membentuk Satgas Peduli Bencana dan telah bekerja secara aktif di setiap peristiwa bencana alam, misalnya saat terjadi gempa bumi yang disertai tsunami di Palu dua tahun lalu, Satgas Peduli Bencanan Kwarcab Banggai telah bekerja membantu korban.

“Kami menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada Pemda Banggai, sebab semasa pak Herwin Yatim masih aktif sebagai Bupati Banggai banyak memberikan dukungan pada kegiatan pramuka melalui pemberian bantuan peralatan pramuka, termasuk juga apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada JOB Tomori yang telah mendukung secara penuh kegiatan orientasi Satgas Peduli Bencana sekaligus Penanaman pohon buah-buahan kali ini, bahkan sebelumnya JOB Tomori juga telah mendukung kegiatan Kemah Akbar di Kecamatan Bunta dengan jumlah peseta kurang lebih 10 ribu orang dan berhasil mendapatkan rekor muri serta tidak ada kecelakaan atau peristiwa fatality apapun selama kegiatan berlangsung” jelas Kak Amal panggilan akrabnya di kepanduan.

Sementara itu, Area External & Government Relation Supervisor JOB Tomori, Ahmad Sodikun, menyampaikan bahwa JOB Tomori sebagai perusahaan hulu migas yang mendapatkan mandat dari pemerintah melalui SKK Migas untuk melakukan operasi produksi diwilayah Kabupaten Banggai dan Kabupaten Morowali Utara, berkomitmen mendukung kegiatan positif seperti yang di lakukan kwarcab Pramuka Kabupaten Banggai, apalagi kegiatan orientasi penanggulangan bencana ini untuk kepentingan sosial kemasyarakatan, termasuk gerakan penghijauan penanaman pohon buah-buahan dengan memanfaatkan lahan tidur.

“Satgas Penanggulangan bencana merupakan pekerjaan mulia, peserta yang terpilih mengikuti kegiatan orientasi ini patut berbangga karena merupakan putra dan putri terbaik Kabupaten Banggai hingganya terpilih menjadi satgas pramuka peduli bencana, JOB Tomori juga sangat konsen untuk ikut bersama-sama mendukung kegiatan positif, termasuk penanggulangan bencana, sekaligus perbaikan lingkungan untuk kita wariskan kepada generasi masa depan,” tegasnya.

Selama mengikuti kegiatan orientasi semua pihak khususnya peserta diwajibkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19 dengan tetap rajin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, sebagai upaya bersama untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah Kab Banggai. ***




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *