Bupati Banggai Tandatangani MoU dan Berikan Kuliah Tamu di UIN Datokarama Palu - Utustoria Bupati Banggai Tandatangani MoU dan Berikan Kuliah Tamu di UIN Datokarama Palu - Utustoria

Bupati Banggai Tandatangani MoU dan Berikan Kuliah Tamu di UIN Datokarama Palu

42
Spread the love

Photo: Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO memberikan materi dalam kuliah tamu

Utustoria.com, Banggai – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO memberikan materi dalam kuliah tamu sekaligus menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama UIN Datokarama Palu pada Senin, (27/5/2024) di Auditorium Kampus I UIN Datokarama Palu.


Kuliah tamu mengusung tema “Fasilitasi Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi Menuju Indonesia Emas”, yang juga dirangkaikan dengan acara penerimaan kembali mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UIN Datokarama Palu.


Dalam kuliah tamu tersebut, Bupati Banggai menggarisbawahi tantangan dan peluang dalam menjalankan tugas pemerintahan, terutama dengan peningkatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang signifikan.


“Pemerintah daerah itu tidak akan mungkin bekerja sendiri, kesibukan dari OPD itu luar biasa, mereka merencanakan program, apalagi di Kab. Banggai APBD-nya naik cukup signifikan, ketika saya masuk berada di angka Rp. 1,9 triliun, sekarang sudah berada di Rp. 3,2 triliun,” ujar Amirudin.


Lebih lanjut, Bupati juga menyampaikan harapannya terhadap UIN Datokarama Palu, “Saya berharap bahwa UIN yang telah mengirim mahasiswa KKN, kedepannya dapat mengirim lebih banyak lagi, saya akan sampaikan kepada Kepala Dinas untuk jangan hanya biaya dari universitas tetapi juga dari Pemda,” tutur Bupati Banggai.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Banggai mengumumkan komitmen alokasi dana Rp. 5 miliar yang ada di Kecamatan untuk mendukung kegiatan mahasiswa, termasuk KKN.


“Termasuk ketika ada KKN yang terencana, Insya Allah dana Rp. 5 miliar ini kita alokasikan untuk kegiatan tersebut,” ungkap Bupati Amirudin, hal tersebut menunjukkan keseriusan pemerintah daerah dalam mendukung pendidikan dan pengabdian masyarakat.


Pernyataan ini mendapatkan sambutan positif dari mahasiswa, “Dari penyampaian Pak Bupati tadi terkait alokasi dana, saya sebagai mahasiswa sangat sepakat apabila dalam pembangunan daerah yang diprioritaskan yaitu pendanaan, contoh terkait pada pendanaan pada pelaksanaan KKN ini sangat diperlukan,” ujar Mahasiswa UIN Palu.


Bupati juga menekankan pentingnya sinergi antara universitas yang datang ke Kabupaten Banggai dengan universitas lokal dalam penelitian dan pengembangan.


“Setiap universitas yang datang untuk melakukan penelitian wajib menggandeng universitas yang ada di Banggai, Ini penting untuk transfer pengetahuan kepada dosen-dosen di Banggai dalam rangka pengembangan daerah ke depan,” jelas Amirudin.


Setelah Kuliah tamu acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Banggai dan UIN Datokarama Palu, menandai dimulainya kerjasama yang lebih erat dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kontribusi terhadap pembangunan daerah.


Acara yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Sigi, Rektor dan Wakil Rektor UIN Datokarama Palu, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Kab. Banggai, Kepala Dinas KISP Kab. Banggai, Kepala BRIDA Banggai, Kepala Dinas Perkimtan Kab. Banggai, Kepala Satpol PP Kab. Banggai, dan Kepala Dinas Ketapang Kab. Banggai. (Red)