Rekomendasi PDIP pada Pilkada Banggai Belum Pasti untuk Herwin Yatim - Utustoria Rekomendasi PDIP pada Pilkada Banggai Belum Pasti untuk Herwin Yatim - Utustoria

Rekomendasi PDIP pada Pilkada Banggai Belum Pasti untuk Herwin Yatim

224
Spread the love

Photo: Ilustrasi

Utustoria.com, Banggai – Hingga saat ini, rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk Pilkada Banggai belum bisa dipastikan akan diberikan kepada Herwin Yatim. Informasi ini dikonfirmasi oleh Anny Kushardjanti, Bendahara Umum PDIP Banggai, yang baru saja menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP di Jakarta. (26/05/24)

Menurut Anny, proses penentuan calon yang akan diusung oleh PDIP masih dalam tahap evaluasi dan belum mencapai keputusan final. Menurutnya semua masih dalam proses dan melalui tahapan-tahapan yang telah ditetapkan oleh partai.

“Tahapannya skarang adalah masih pasca pendaftaran bacalon kandidat pilkada di PDI Perjuangan, DPP akan menerbitkan Surat Tugas (utk konsolidasi dan mencari Partai yg akan diajak kerjasama ) kmudian akan disurvey. Baru kmudian diterbitkan Rekomendasi.” Tulisnya melalui pesan WA.

Anny menjelaskan bahwa setelah pendaftaran bakal calon, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP akan menerbitkan surat tugas untuk menentukan arah koalisi dengan partai lainnya. Hal ini bertujuan untuk memperkuat posisi PDIP dalam Pilkada Banggai mendatang.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan rekomendasi PDIP jatuh kepada kandidat yang bukan bagian dari internal kepengurusan partai, Anny menegaskan bahwa PDIP akan melakukan survei terlebih dahulu kepada semua kandidat yang telah mendaftar. Menurutnya tidak mesti harus kader PDIP yang mendapatkan rekomendasi. Sebab semua akan ditentukan oleh survey.

“Memang banyak penyampaian beberapa DPC dlm rakernas meminta agar segera diterbitkan Rekomendasi. Namun tetap wajib dilakukan survey dulu.” Jelas Anny.

Proses survei ini penting bagi PDIP untuk memastikan bahwa calon yang diusung memiliki elektabilitas tinggi dan mampu memenangkan Pilkada. Anny menambahkan bahwa hasil survei akan menjadi salah satu faktor penentu dalam keputusan DPP PDIP.

Sementara itu, Herwin Yatim, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Banggai, telah menyatakan kesiapannya dengan telah mendaftar pada beberapa partai pengusung di Kabupaten Banggai. Sejauh ini juga HY terlihat optimistis akan mendapatkan dukungan dari PDIP, namun tentu juga dirinya sebagai politisi senior mesti siap menghadapi segala kemungkinan.

Dengan demikian, keputusan akhir mengenai rekomendasi PDIP untuk Pilkada Banggai masih menunggu hasil evaluasi dan survei. Para bakal calon dan pendukung mereka harus bersabar hingga DPP PDIP mengeluarkan keputusan resmi.

Situasi ini menunjukkan dinamika politik yang masih berjalan di internal PDIP dan membuka peluang bagi semua kandidat yang telah mendaftar untuk bersaing secara sehat dalam mendapatkan rekomendasi dari partai berlambang banteng tersebut. (Red)