Banjir Melanda Desa Rusa Kencana, Kecamatan Toili; 150 KK Terdampak - Utustoria Banjir Melanda Desa Rusa Kencana, Kecamatan Toili; 150 KK Terdampak - Utustoria

Banjir Melanda Desa Rusa Kencana, Kecamatan Toili; 150 KK Terdampak

169
Spread the love

Photo: Salah satu rumah warga terdampak banjir di Rusa Kencana

Utustoria.com, Banggai – Desa Rusa Kencana, Kecamatan Toili, dilanda banjir setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut selama lebih dari satu hari. Banjir ini menyebabkan 150 kepala keluarga terdampak, di antaranya ada 60 rumah terendam banjir dan beberapa jalan warga terpaksa belum dapat diakses akibat genangan air yang lumayan tinggi.

Curah hujan yang tinggi menjadi penyebab utama terjadinya banjir di Desa ini. Air yang meluap dari berbagai sumber menggenangi rumah-rumah warga dan fasilitas umum. Hingga saat ini, sebagian besar warga terdampak terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kepala Desa Rusa Kencana, Sunarto, menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengharapkan bantuan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah daerah, lembaga swasta, maupun organisasi non-pemerintah.


“Anggaran Desa kami sangat terbatas untuk menangani bencana semacam ini. Kami sangat membutuhkan bantuan berupa makanan, obat-obatan, dan perlengkapan darurat lainnya,” ujarnya.

Selain itu, Sunarto juga mengimbau masyarakat sekitar yang tidak terdampak untuk turut membantu dan berpartisipasi dalam penanganan banjir ini.


“Gotong royong adalah salah satu kekuatan kita sebagai bangsa. Mari kita bersama-sama membantu saudara-saudara kita yang sedang kesusahan,” tambahnya.

Saat ini, belum ada tim tanggap darurat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang berada di lokasi untuk membantu evakuasi dan penanganan sementara. Namun, bantuan lebih lanjut masih sangat dibutuhkan untuk memastikan kondisi warga kembali normal secepat mungkin.

Pemerintah Desa juga telah mengadakan rapat darurat untuk merencanakan langkah-langkah penanganan banjir jangka pendek dan jangka panjang guna mencegah kejadian serupa di masa mendatang. Salah satu upaya yang direncanakan adalah perbaikan sistem drainase dan pembuatan tanggul di sepanjang sungai yang melintasi desa Rusa Kencana.

Warga yang ingin memberikan bantuan dapat menghubungi pihak pemerintah Desa atau langsung pada warga terdampak.

Mari kita bergandengan tangan membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Desa Rusa Kencana. Setiap bantuan sangat berarti bagi mereka yang saat ini tengah berjuang menghadapi bencana. (Red)