Dugaan Pelanggaran Politik Uang Ketua DPC Gerindra Banggai Akan Berlanjut ke Bawaslu RI - Utustoria Dugaan Pelanggaran Politik Uang Ketua DPC Gerindra Banggai Akan Berlanjut ke Bawaslu RI - Utustoria

Dugaan Pelanggaran Politik Uang Ketua DPC Gerindra Banggai Akan Berlanjut ke Bawaslu RI

374
Spread the love

Photo: Pelaporan Kasus Dugaan Politik Uang Ketua DPC Gerindra Banggai

Utustoria.com, Banggai – Polemik dugaan pidana politik uang oleh Ketua DPC partai Gerindra Hj, Sulianti Murad SH MH yang dilaporkan ke Bawaslu Banggai terus bergulir, pada Sabtu (13/1/2024) melalui keterangan persnya Supriadi Lawani dan Moh Syaiful Saide sebagai pelapor mengatakan akan segera melayangkan surat ke beberapa lembaga negara terkait untuk mengawal kasus ini.

Budi demikian sapaan akrab Supriadi Lawani mengatakan bahwa mereka sangat serius mengawal kasus ini dan untuk itu mereka akan melayangkan surat kepada Pimpinan Bawaslu Republik Indonesia, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Kepala kepolisian Republik Indonesia ( Kapolri) dan Jaksa Agung.

“Iya kami akan menyurat ke pimpinan instansi terkait yang berwewenang memeriksa dan menindak laporan kami seperti pimpinan Bawaslu, DKPP, Kapolri dan jaksa agung, karena ini persoalan serius ” demikian Budi.

Moh, Syaiful Saide atau Ipul juga mengatakan bahwa kasus ini adalah ujian bagi penegak hukum untuk betul – betul bertindak profesional demi terwujudnya keadilan pemilu.

“Ini ujian bagi penegak hukum untuk betul – betul profesional dalam menegakkan hukum pemilu, karena jika tidak maka politik uang akan selalu menghantui setiap perhelatan pemilu maupun pemilihan ( pilkada,red) di daerah kita” tegas Ipul.

Selain menyurat ke instansi nasional di jakarta Budi dan Ipul juga meminta dukungan berbagai organisasi masyarakat sipil seperti perludem, ICW, walhi dan YLBHI.

“Betul kami akan meminta dukungan kepada kawan – kawan di organisasi masyarakat sipil di Jakarta, karena Banggai ini adalah salah satu kabupaten paling rawan politik uang” ucap Budi.

Diakhir keterangannya mereka berharap dukungan semua pihak untuk mengawal kasus ini, mulai dari rakyat secara keseluruhan, organisasi masyarakat (ormas), organisasi kepemudaan dan mahasiswa dan kawan – kawan media cetak maupun elektronik.

” kami sangat berharap dukungan semua pihak yang ingin pemilu ini berjalan sesuai aturan, mulai dari masyarakat umum, organisasi masyarakat (ormas) organisasi pemuda dan mahasiswa dan yang juga sangat penting adalah kawan – kawan media, karena tanpa dukungan semua pihak kasus ini tidak terkawal dengan baik” pungkasnya. (Red)