Gandeng Unismuh Luwuk, JOB Tomori Lakukan Upaya Peningkatan Kapasitas Guru - Utustoria Gandeng Unismuh Luwuk, JOB Tomori Lakukan Upaya Peningkatan Kapasitas Guru - Utustoria

Gandeng Unismuh Luwuk, JOB Tomori Lakukan Upaya Peningkatan Kapasitas Guru

335
Spread the love

Photo: Workshop Peningkatan Kapasitas Guru

“Terimakasih atas dukungan JOB Tomori dalam upaya peningkatan SDM tenaga pendidik di Kabupaten Banggai, khususnya guru Paud dan SD,...... " Pesan Lajibir

Utustoria.com, Banggai – Tidak hanya pada pengelolaan gas bumi di Kabupaten Banggai, sebagai perusahaan hulu migas yang mendapat izin dari pemerintah republik Indonesia melalui SKK Migas, JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) juga memiliki komitmen yang tinggi dalam memajukan dunia pendidikan, terutama kepada masyarakat yang berada di sekitar area operasi, yaitu di sekitar Kecamatan Batui Selatan dan Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai.

Bentuk nyata dari kepedulian memajukan dunia pendidikan, JOB Tomori bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, kembali menggelar workshop peningkatan kapasitas guru Paud dan guru Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Batui Selatan dan se-Kecamatan Moilong, dimana sebelumnya JOB Tomori juga ikut berpartisipasi pada kegiatan serupa tingkat Kabupaten Banggai bekerjasama dengan Dinas Pendidikan.

Untuk workshop peningkatan kapasitas guru Paud dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Kecamatan Batui Selatan, Desa Gori-gori, pada Senin (6/11/2023), mengangkat tema Meningkatkan Kompetensi Guru Paud Menuju Paud Berkualitas. Workshop untuk guru SD dengan tema Implementasi Nilai Karakter Melalui Budaya Lokal di gelar pada Selasa (7/11/2023), bertempat di Aula Pertemuan Kantor Desa Argomulyo, Kecamatan Moilong.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, Drs. Lajibir, S.Pd, memberikan apresiasi atas pelaksanaan workshop yang sangat bermanfaat dalam memajukan sumber daya manusia tenaga pendidik Paud dan SD, apalagi kondisi saat ini 80 persen guru Paud merupakan tamatan Sekolah Menengah Atas.

“Terimakasih atas dukungan JOB Tomori dalam upaya peningkatan SDM tenaga pendidik di Kabupaten Banggai, khususnya guru Paud dan SD, diharapkan workshop ini dapat menambah wawasan bagaimana menjadi guru yang profesional dan mampu memahami karakteristik peserta didik serta strategi menyusun modul ajar kurikulum merdeka,” pesan Lajibir.

Dikesempatan yang sama, Wakil Rektor II Unismuh Luwuk, Nurwan M. Nur, SH, MH, menyampaikan pesan kepada seluruh peserta yang berjumlah kurang lebih 30 orang, agar terus meningkatkan kapasitasnya baik melalui pelatihan maupun menempuh jenjang pendidikan yang telah di dukung melalui program Paud.

Sementara itu, Camat Moilong, Ihwan Ahmad, S.Pd, MH mengharapkan dukungan dari seluruh kepala desa untuk ikut berperan dalam peningkatan kapasitas guru, khususnya guru Paud melalui alokasi anggaran desa.

Terpisah, Relation Security & ComDev Manager JOB Tomori, Visnu C. Bhawono, berharap program pemberdayaan yang dilaksanakan JOB Tomori khususnya sector pendidikan dapat memberikan manfaat dalam upaya bersama Pemda Banggai meningkatkan SDM tenaga pendidik.

“Kedepan JOB Tomori akan intens berkomunikasi dengan Pemda Banggai bersama dinas terkait yang telah membangun kesepakatan bersama melalui Perjanjian Kerjasama yang telah di tanda tangani bersama management JOB Tomori dengan Bupati Banggai. Seluruh upaya ini dilakukan sebagai bentuk komitmen JOB Tomori untuk ikut serta berperan dalam memajukan Kabupaten Banggai,” tegas Visnu.

Turut hadir sebagai pemateri pada workshop tersebut, Sri Ayu Laali, S.Pd, M.Pd dan Dr. Farid Haliti S.Ag, M.Pd selaku dosen Unismuh Luwuk, Koordinator Pendidikan Dinas Pendidikan dan Koordinator PKBM se-Kecamatan Moilong dan Batui Selatan, perwakilan management JOB Tomori serta kepala desa. (Red/Adv)