Tomori Mengajar Ajak Siswa Mengenal Lebih Jauh Industri Hulu Migas - Utustoria Tomori Mengajar Ajak Siswa Mengenal Lebih Jauh Industri Hulu Migas - Utustoria

Tomori Mengajar Ajak Siswa Mengenal Lebih Jauh Industri Hulu Migas

415
Spread the love

Photo: Tomori Mengajar JOB Tomori Perkenalkan Kepada Siswa Aktifitas Pabrik CPP Senoro

Utustoria.com, Banggai – Salah satu upaya memperkenalkan aktifitas produksi gas alam cair yang dilakukan JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) di pabrik Central Processing Plant (CPP) Senoro, maka sejak tahun 2016 silam, telah dijalankan program Tomori Mengajar.

Program ini, awalnya dilakukan dengan menghadirkan pekerja JOB Tomori di setiap sekolah sebagai guru tamu, untuk memperkenalkan seputar industri hulu minyak dan gas, bertujuan agar para siswa dan siswa memiliki pengetahuan awal sebagai referensi melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Seiring penerapan kurikulum merdeka di setiap sekolah, maka program Tomori Mengajar tidak hanya dikemas mengunjungi setiap sekolah sebagai guru tamu, tetapi juga mendatangkan peserta didik guna melihat lebih dekat proses produksi yang dilakukan di lingkungan CPP Senoro.

Maka pada Senin (06/11/2023) JOB Tomori menerima kunjungan 24 orang siswa dan siswa dari SMK Negeri 1 Moilong dan SMK Negeri 1 Batui Selatan, bersama 4 orang guru pendamping.

Didit Indara Pamungkas, selaku Field Senior Manager JOB Tomori, berkesempatan menyambut kedatangan rombongan siswa di ruang Demo Room, sekaligus memberikan pemaparan materi terkait kegiatan produksi yang dilakukan JOB Tomori.

“Dalam melakukan aktifitas produksi gas bumi, JOB Tomori sangat konsen terhadap aspek safety atau keselamatan kerja, serta seluruh pekerja diwajibkan memiliki pengetahuan tentang cara untuk melakukan tindakan apabila terjadi kecelakaan dilingkungan kerja, sehingganya dikesempatan kali ini, selain kami menyampaikan materi tentang industri migas, kami juga akan mengajak seluruh peserta untuk belajar sekaligus praktek langsung first aid atau metode pemberian pertolongan pertama, memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Demo Room ini,” jelas Didit.

Materi ini sambung dia, sangat bermanfaat bukan hanya di lingkungan pabrik, tetapi juga dilingkungan masyarakat luas, sehingga sangat diharapkan keseriusan dan perhatian semua peserta.

Seluruh peserta tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, bahkan mereka mengakui sangat terkesan karena mendapat kesempatan untuk hadir sekaligus belajar langsung di lingkungan pabrik. Mereka berharap, kegiatan serupa dapat dilaksanakan dikesempatan berikutnya.

Sementara itu, Relation Security & ComDev Manager JOB Tomori, Visnu C. Bhawono menyampaikan permohonan maaf melalui Relation Supervisor, Khairurridha, bahwa JOB Tomori sebagai objek Vital Nasional (Obvitnas) memiliki standar keamanan yang sangat ketat, sehingga harus membatasi jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Diharapkan kegiatan serupa masih dapat dilanjutkan dimasa mendatang dan kepada siswa dan siswi yang berkesempatan hadir saat ini, selain menjadi pengalaman penambah wawasan, juga diharapkan bisa menyampaikan ilmu yang diperoleh kepada rekan-rekan siswa yang lain,” pesannya.

Selain pemberian materi dan praktek langsung yang dipandu instruktur yang berkompeten, dalam rangkaian kegiatan juga diselipkan pemberian kuis berhadiah, dimana pertanyaan yang diberikan seputar materi yang telah diberikan, bertujuan untuk mengukur daya tangkap siswa terhadap materi. (Red/Adv)