Aksi Kamisan Luwuk Hadir Di Senayan, Suarakan Sejumlah Tuntutan - Utustoria Aksi Kamisan Luwuk Hadir Di Senayan, Suarakan Sejumlah Tuntutan - Utustoria

Aksi Kamisan Luwuk Hadir Di Senayan, Suarakan Sejumlah Tuntutan

574
Spread the love

Photo: Aksi Kamisan Luwuk Ikut Demonstrasi Di Senayan (Istimewa)

Tolak Perppu Ciptaker dan Selesaikan Konflik Agraria di Kabupaten Banggai

Utustoria.com, Jakarta – Ribuan mahasiswa, buruh dan petani melakukan aksi penolakan terhadap Perppu Cipta Kerja. Selasa, 28 Februari 2023.

Tak hanya dari pulau jawa dan sumatera, beberapa mahasiswa dan petani rela jauh – jauh datang ke kantor DPR RI hanya untuk melakukan penolakan Perppu Ciptaker.

Rifat hakim, massa aksi dari Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah yang merupakan anggota dari Aksi Kamisan Luwuk, diantaranya. Menurutnya, dengan penerbitan Perppu Ciptaker ini adalah gambaran penghianatan atas konstitusi dan lembaga peradilan.

“Kita ketahui kemarin MK memutuskan UU Cipta Kerja inkonstitusional bersyarat karena minimnya partisipasi publik bermakna dalam proses pembentukannya. Terbitnya Perppu menunjukkan Presiden RI mengabaikan putusan MK dan melanjutkan praktik buruk legislasi” Ujar Rifat.

Lanjut, Akram sapaan akrabnya juga menerangkan bahwa dengan adanya Perppu Ciptaker, sama hal – nya memperpanjang rentetan konflik agraria, khususnya di Kabupaten Banggai.

“Misalnya di Kabupaten Banggai beberapa konflik tambak udang di Batui, perkebunan sawit di Bualemo, Luwuk Timur, Toili dan Batui serta tambang nikel di wilayah Tuntung.” Lanjutnya.

Tak hanya itu, menurut salah satu anggota Aksi Kamisan Luwuk ini, seharusnya pemerintah fokus dulu dalam penyelesaian sengketa agraria bukan malah mengeluarkan Perppu yang sifatnya karpet merah untuk pengusaha. (Red)