Dianggap Cemari Lingkungan, Kandang Babi di Tolbar Jadi Persoalan - Utustoria Dianggap Cemari Lingkungan, Kandang Babi di Tolbar Jadi Persoalan - Utustoria

Dianggap Cemari Lingkungan, Kandang Babi di Tolbar Jadi Persoalan

593
Spread the love

Photo: Ilustrasi (Sumber: BBC)

Utustoria.com, Banggai – Bhabinkamtibmas Polsek Toili Aiptu I Kadek Surya, SH, hadiri kegiatan mediasi permasalahan warga Desa Mentawa Kecamatan Toili Barat, Banggai, Rabu (1/2/2023) pukul 09.30 Wita.

Mediasi ini dilaksanakan karena warga setempat sangat keberatan dengan keberadaan peternakan babi milik Gede Suwardi yang menganggu aktivitas belajar di TK Mantawa dengan alasan menimbulkan bau busuk (limbah) yang sangat menyengat dan banyak lalat.

Hadir dalam mediasi tersebut, Kades dan aparat Desa Mantawa, Gede Suwardi selaku pemilik peternakan dan masyarakat setempat.

Aiptu I Kadek Surya, SH menyampaikan bahwa perlunya persamaan persepsi dari kedua belah pihak, dalam hidup bermasyarakat selalu mengedepankan sanitasi bersih lingkungan dan utamakan hubungan baik antar sesama.

“Agar diselesaikan secara musyawarah dan perlu adanya komunikasi yang baik antara kedua belah pihak.” ujarnya.

Photo: Bhabinkamtibmas Polsek Toili Aiptu I Kadek Surya, SH, hadiri kegiatan mediasi permasalahan warga Desa Mentawa Kecamatan Toili Barat. (Istimewa)

Hasil musyawarah mediasi disepakati bahwa tidak ada aktivitas di kandang babi hingga jam 10.00 Wita, akan melaksanakan penyemprotan dan pemberian EM4 secara rutin, serta dalam kurun waktu 1 tahun akan berusaha memindahkan kandang babi.

Kegiatan musyawarah mediasi warga Mantawa Toili Barat terkait pencemaran lingkungan yang ditimbulkan adanya peternakan babi berdekatan dengan sekolah Taman Kanak – kanak, selesai pada pukul 11.00 Wita. (Red)