Bangkitkan Ekonomi Warga, Hasanudin Menuju 2 Periode Pimpin Marga Kencana - Utustoria Bangkitkan Ekonomi Warga, Hasanudin Menuju 2 Periode Pimpin Marga Kencana - Utustoria

Bangkitkan Ekonomi Warga, Hasanudin Menuju 2 Periode Pimpin Marga Kencana

198
Spread the love

Photo: Hasanudin, Calon Petahana Kades Marga Kencana, Toili

Utustoria.com, Banggai. Pemilihan Kepala Desa (Kades) yang tidak lama lagi akan dihelat serentak pada tanggal 2 November mendatang, menjadikan masing – masing kandidat calon Kepala Desa mulai memasang kuda – kuda dan melancarkan berbagai macam strategi pemenangannya.

Calon petahana dari Desa Marga Kencana, Kecamatan Toili, Yaitu Hasanudin. Dirinya Optimis dan tetap percaya diri dapat kembali meraih amanah dan kepercayaan warganya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya diakui oleh sebagian warga bahwa Hasanudin merupakan Kepala Desa pertama sepanjang sejarah kepemimpinan di Desa Marga Kencana yang mampu membangkitkan ekonomi warga Desa.

“Pak Hasan itu adalah kepala desa pertama yang berhasil membangun lapangan jadi seperti stadion dan ramai warga jualan, bahkan kita sering dijadikan contoh untuk desa yang lain.” Ungkap Iwan, warga Marga Kencana yang memberika Testimoni.

Dalam satu periode, Ditahun ketiga kepemimpinannya, Hasanudin telah berhasil menciptakan peluang ekonomi baru dengan cara menyulap lapangan olah raga yang dulunya sepi dan hanya bisa digunakan semata – mata untuk keperluan olah raga, kini telah bertambah manfaat menjadi tempat pertukaran uang dan jasa. Ia berhasil membangun lapak – lapak jualan untuk warga. Ada sebanyak 24 lapak jualan berjejer ramai di sepanjang garis pagar lapangan. Ide tersebut ia wujudkan sebagai bentuk keseriusannya dalam mendorong cita – cita ekonomi Desa yang mandiri.

Tempat yang dulunya sepi jika malam hari, kini berubah menjadi tempat warga menjajakan jualan berbagai macam kuliner dan keperluan pokok lainnya. Omset rata – rata yang dihasilkan penjual sangat signifikan. Diakui oleh salasatu penjual kuliner, dirinya bisa mencapai omset dari 1,5 hingga 3 juta dalam sehari jika di rata – ratakan.

“Kami sangat terbantu dengan adanya lapak ini, bahkan sehari kami bisa punya omset rata – rata 3 juta. Bahkan di hari tertentu bisa 2 kali lipat. Dan disini tidak pernah sepi seperti dulu.” Ungkap salasatu penjul kuliner lalapan.

Tidak hanya pada aspek Ekonomi, tapi pada pada aspek insfrastruktur dirinya juga berhasil membangun lapangan bertaraf kabupaten dengan desain pagar beton keliling yang dilengkapi Gapura. Selain itu pembangunan fisik lainnya seperti riol, jalan lingkungan, drainase, dan lain – lain juga intens dilakukan setiap tahun dari berbagai macam sumber anggaran.

Pria yang baru genap berusia 34 tahun ini juga mengungkapkan, dimasa mendatang jika dirinya masih diberi kepercayaan oleh warga maka program pembangunannya akan lebih difokuskan pada pemberdayaan kelompok ekonomi warga.

“Ekonomi itu bagian terpenting dan yang harus lebih awal diprioritaskan dalam pembangunan. Itu sebabnya saya ingin benar – benar menjadikan desa Marga Kencana sebagai desa yang warganya mandiri dan maju secara ekonomi.” Tandas Hasanudin yang sekarang resmi berstatus calon kades petahana nomor urut 3. (Red)