Dorong Nilai Manfaat Mangrove di Banggai, Edi Sutrisno; Pentingnya Sinergi Multi Pihak! - Utustoria Dorong Nilai Manfaat Mangrove di Banggai, Edi Sutrisno; Pentingnya Sinergi Multi Pihak! - Utustoria

Dorong Nilai Manfaat Mangrove di Banggai, Edi Sutrisno; Pentingnya Sinergi Multi Pihak!

385
Spread the love

Photo: Narasumber dan Peserta Workshop Saat Sesi Foto Bersama dengan Mengangkat Tangan Simbol Lestari (Istimewa)

Utustoria.com, Banggai. Upaya memperkuat tata kelola pemanfaatan kawasan mangrove di Kabupaten Banggai, Edi Sutrisno selaku Direktur Eksekutif TuK (Transformasi untuk Keadilan) Indonesia mendorong agar semua pihak dalam hal ini, Pemerintah, DPRD, Swasta dan Lembaga Swadaya Masyarakat, dapat membangun sinergitas. Hal itu diungkapkan saat dirinya berkesempatan menjadi narasumber dalam workshop yang di gelar di Toili pada 23 Agustus 2022, kemarin.

Tidak hanya pada sebatas membangun sinergitas multi pihak, menurutnya masih ada agenda lain yang harus dipenuhi sebagai syarat terwujudnya peningkatan ekonomi warga berbasis mangrove, antara lain adalah sejauh mana kontribusi dan kemampuan pihak terkait dalam menjawab tantangan yang ada.

Hasil Survey TuK Indonesia yang rilis pada Maret 2022, menunjukkan ada sekitar 88,46% dari 17 Desa di Kabupaten Banggai yang belum ada pengelolaan kawasan hutan mangrove. Sedangkan ancaman alih fungsi lahan kawasan mangrove seperti industri tambak dan penebangan liar ada di angka 15,28 %.

Dari Presentase yang ditampilkan, Edi Sutrisno menegaskan agar Pemerintah Daerah (Pemda) di Kabupaten Banggai dapat segera mengambil peran dengan menyediakan ekosistem regulasi yang memadahi. Pasalnya, dalam hasil audiensi TuK Indonesia dengan  Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Republik Indonesia (BRGM RI) , Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kedeputian 1 Kantor Staf Kepresidenan di bulan Juli kemarin telah menunjukkan adanya upaya pemerintah pusat dalam melakukan akselerasi tata kelola yang berkeadilan dan berkelanjutan, olehnya itu dipandang perlu untuk melakukan kolaborasi dengan Pemda.

“Saya melihat respon yang sangat baik dari bapak – bapak kepala desa, pak camat dan semua forum yang hadir dalam workshop ini, untuk itu pemerintah daerah Penting melakukan rekognisi inisiatif baik atas upaya yang telah dilakukan oleh komunitas masyarakat.” Tutup Pria yang akrab disapa Gun ini saat diwawancarai. (Red)