KPA-ST Kecam Tindakan Intimidasi Terhadap Petani Sawit di Banggai - Utustoria KPA-ST Kecam Tindakan Intimidasi Terhadap Petani Sawit di Banggai - Utustoria

KPA-ST Kecam Tindakan Intimidasi Terhadap Petani Sawit di Banggai

725
Spread the love

Photo: Petani Sawit Kecamatan Batui dan Batui Selatan

Utustoria.com, Banggai. Kordinator Wilayah Konsorsium Pembaruan Agraria Sulawesi Tengah (KPA-ST), Doni Moidady mengecam tindakan intimidasi yang dilakuakn oleh PT. Sawindo Cermerlang terhadap Petani Sawit Kecamatan Batui dan Batui Selatan (Bangga). Hal ini ia beberkan melalui rilis Kamis, 19 Mei 2022.

“Kami mengecam tindakan represif serta intimidasi yang dilakukan oleh anak perusahaan Kencana Agri Group tersebut” tegas Doni.

Ia juga menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah seharusnya berpihak untuk melindungi hak-hak konstitusional warga negara. karena jika pemerintah daerah tidak serius menyelesaikan konflik yang terjadi antara pihak perusahaan dan petani penggarap yang memiliki alas hak sertifikat dan SKPT, ini akan memperpanjang konflik agraria dan mengganggu Ekonomi warga yg bergantung pada komoditi kapala sawit.

“Hal ini juga akan memberi ruang kepada pihak perusahaan untuk mengintimidasi pihak petani penggarap (plasma)” Tambahnya.

Sambung, Doni juga turut mendukung dan bersolidaritas terhadap aksi dan tuntutan yang dilakukan oleh petani sawit yang tergabung dalam Front Petani Batui Lingkar Sawit (FPBLS). (Red)