"Montolutusan" Mitra Binaan JOB Tomori Yang Menginspirasi - Utustoria "Montolutusan" Mitra Binaan JOB Tomori Yang Menginspirasi - Utustoria

“Montolutusan” Mitra Binaan JOB Tomori Yang Menginspirasi

662
Spread the love

Photo: Presentasi Singkat Direktur Bank Sampah Montolutusan

Utustoria.com, Banggai. Berdiri sejak 16 juni 2019, bank sampah Montolutusan yang didirikan oleh Putra – Putri daerah Kabupaten Banggai masih tetap eksis hingga kini.

Bertempat di Desa Paisubololi, bank sampah Montolutusan terus bergerak untuk mengedukasi warga agar memiliki kesadaran terhadap pengelolaan sampah yang baik.

Beranggotakan sekira 12 orang dalam kepengurusan, Agustin Andrita selaku direktur bank sampah Montolutusan, memaparkan kepada awak media, bahwa upayanya bersama kawan – kawan dalam hal transformasi kesadaran pada warga dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Bahkan karena menganggap pentingnya dukungan dan kesadaran masyarakat terhadap sampah ia dan kawan – kawan harus rela turun ke beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Banggai untuk melakukan sosialisasi.

Mba Indri sapaan akrabnya, juga mengakui kalau sejauh ini bank sampah Montolutusan sering kali mengalami kendala dalam hal pemanfaatan dan pengelolaan sampah berkelanjutan, tapi kondisi tersebut tidak menjadikan mereka surut dan berhenti.
Upaya – upaya yang terus dilakukan dalam melanjutkan cita – cita pemanfaatan sampah menjadi hal – hal baru yang berguna adalah dengan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Sejauh perjalanannya, bank sampah Montolutusan telah menjadi mitra binaan dari JOB Tomori, diakui oleh Mba Indri dan kawan – kawan pengurus bank sampah bahwa sejauh ini JOB telah banyak memberikan dukungan yang berupa pembinaan, oleh sebab itu bank sampah Montolutusan tetap dapat bertahan walau dengan beragam persoalan dan tantangan.

Hingga saat ini bank sampah Montolutusan juga sudah banyak terlibat dan ikut menghasilkan karya tangan yang berbahan dasar sampah anorganik – plastik., mulai dari hasil karya seni lukis hingga yang paling fenomenal adalah rumah, serta perahu berbahan dasar plastik yang dapat memuat beban ratusan kilogram.

Kemarin (24/03), saat kunjungan SKK Migas dan JOB Tomori ke bank sampah Montolutusan yang juga didampingi rekan – rekan media, segenap jajaran yang hadir ikut memberikan apresiasinya kepada kawan – kawan anggota yang terlibat aktif di dalam pengelolaan sampah. Tidak lupa di selah pemaparan singkatnya terkati profil bank sampah Montolutusan, Mba Indri selaku ketua ikut menyampaikan harapannya ke depan agar kiranya pemerintah daerah Kabupaten Banggai dapat merespon dan memprioritaskan kebutuhan – kebutuhan bank sampah Montolutusan yang belum terpenuhi. (Red)