Dikbud Bolmut Hadiri Pameran Cagar Budaya Di Bolsel | Utustoria Dikbud Bolmut Hadiri Pameran Cagar Budaya Di Bolsel – Utustoria

Dikbud Bolmut Hadiri Pameran Cagar Budaya Di Bolsel

126
Spread the love

Photo: Kabid Kebudayaan Bersama Wakil Bupati Bolmong, BPCP Serta Disparbud Bolsel

Utustoria.com, Bolmut. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DisparBud) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Gorontalo dalam Pekan Budaya Nasional, menggelar Pameran Cagar Budaya.
Kegiatan yang bertemakan “Meniti Peradaban, Menata Masa Depan”, digelar dengan mengedepankan Protokol Kesehatan, dihadiri oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), dalam hal ini Bidang Kebudayaan, (Senin 16/11/2020).

Diketahui BPCB Provinsi Gorontalo, wilayah kerjanya meliputi Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dalam sambutannya menyampaikan, sebagai salah satu wilayah yang merupakan bekas eks Swapraja, tentunya memiliki warisan Budaya.

Baca Juga: Nazaruddin Maloho: “Bolmut Akan Targetkan Peringkat 1 Terkait PPD Tingkat Provinsi”

“Sebagai salah satu wilayah yang mempunyai sejarah pemerintahan kerajaan, Yakni Kerajaan Bolango, tentunya mempunyai warisan Budaya. Dan tentunya Budaya luhur ini wajib kita jaga dan pelihara”, ujarnya.

Lanjutnya, selain warisan tradisi, situs sejarah yang ada di Bolsel, tentunya lewat BPCB beserta Dinas terkati dalam hal ini DsparBud, harus melindungi, juga memperkenalkannya sebagai salah satu kekayaan Daerah ini.

“Selain warisan Budaya, Bolsel juga memiliki banyak situs Sejarah Eks Swapraja Bolango. Dan tentunya sudah menjadi kewajiban BPCB dan Disparbud untuk melindungi, serta memperkenalkannya sebagai salah satu aset kekayaan Budaya Bolsel”, terangnya.

Terpisah, Kepala Bidang Kebudayaan (Kabid) Dikbud Bolmut, Drs. Enamety Humokor yang turut hadir dalam Kegiatan tersebut, pada media ini menyampaikan betapa pentingnya pelestarian Budaya yang ada, dan merupakan bentuk penghormatan kita pada leluhur.

“Pelestarian Budaya merupakan sesuatu yang penting bagi Daerah kita. Jadi, selain merupakan aset berharga suatu Daerah, ini juga merupakan salah satu bentuk penghormatan kita pada leluhur”, ujar Kabid.

Lanjutnya, Bolmut nantinya akan menggelar kegiatan-kegiatan yang merupakan bagian dari melindungi serta memperkenalkan Budaya luhur yang ada di Bolmut.

“Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bolmut nantinya akan menggelar kegiatan-kegiatan yang merupakan bagian dari, melindungi serta memperkenalkan Budaya luhur Daerah kita. Selain sebagai kewajiban kita, ini tentunya merupakan aset berharga yang kita miliki bersama”, tutup Kabid. (Svg)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *